Visa Jerman – Visa yang berlaku di Jerman terdiri dari dua jenis, yaitu visa Jerman Schengen dan visa Jerman nasional. Perbedaan mencolok dari dua visa di Jerman tersebut adalah bahwa visa Schengen memiliki durasi lebih singkat ketimbang visa nasional.

Beberapa perbedaan lain dari dua visa Jerman di atas adalah sebagai berikut.

1. Waktu Berlaku

Keduanya visa Jerman berlaku selama 90 hari. Akan tetapi, jenis visa nasional bisa diperpanjang lebih mudah.

Jenis visa Schengen hanya akan berlaku selama 3 bulan, itu pun hanya dalam kurun waktu setengah tahun. Dalam masa berlakunya tersebut, visa Jerman jenis Schengen juga hanya dapat digunakan untuk beberapa kali perjalanan keluar masuk negara Jerman.

Setelah mencapai 90 hari dan sebelum setengah tahun, jenis visa Schengen tidak bisa diperpanjang. Apabila sudah mencapai setengah tahun, pengajuan kembali pun harus dilakukan di negara asal.

Sementara untuk visa Jerman jenis visa nasional dapat diperpanjang setelah mencapai 90 hari. Pengajuan perpanjangannya pun lebih mudah dan bisa dilakukan di Jerman tanpa pulang ke negara asal.

2. Wilayah Berlakunya

Alasan dinamai visa Schengen adalah karena memang akan berlaku di wilayah Schengen, yaitu Jerman, Belgia, Yunani, Swedia, Swiss, Slowakia, Islandia, Italia, Latvia, Lituania, Malta, Belanda, Norwegia, Portugal, Denmark, Estonia, Finlandia, Austria, Polandia, Perancis, Slovenia, Spanyol, Republik Ceko, Hongaria, dan Luxemburg.

3. Proses Pengajuan

Jenis visa Schengen bisa kita dapatkan hanya setelah 3 hari kerja permohonan saja. Sementara untuk jenis visa nasional, baru bisa didapatkan dalam waktu lebih lama.

Ketika kita mengajukan visa Jerman jenis Schengen, kita dapat memilih untuk menggunakan bahasa Jerman atau bahasa Indonesia dalam pengisian formulir. Sementara ketika kita mengisi formulir visa jerman jenis visa nasional, maka bahasa yang harus digunakan adalah bahasa Jerman.

Baca Juga  Life Hacks Mahasiswa Jerman Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Rekomendasi Visa untuk Pelajar

Masing-masing visa memiliki kelebihan, maka kita harus memperhatikan kebutuhan. Untuk keperluan pendidikan jangka pendek atau sekedar survey tempat belajar, kita hanya akan memerlukan visa Schengen. Akan tetapi, untuk mengambil pendidikan jenjang panjang seperti bachelor, master, atau PhD, kita harus mengajukan visa nasional.

Jangan mengira memilih visa nasional adalah pilihan terbaik walaupun kebutuhan hanya dalam waktu singkat. Harus dipahami bahwa sebagai berkas pengajuan visa nasional, kita membutuhkan bukti kepemilikan tabungan sebesar 8.790 euro.

5. Mengajukan Visa Schengen

Pelamar visa ke Jerman dapat mengajukan permohonan dengan cara datang ke kantor penerimaan pusat visa Jerman VFS Global, dari hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 – 15.00.

Alamat kantornya adalah di Lantai Pertama Mal Kuningan City, nomor L1-30/32 di Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, 12940 Jakarta.

Kita juga dapat membuat janji terlebih dahulu dengan cara menghubungi kontak-kontak berikut:
Laman Website: www.vfsglobal.com/germany/indonesia
Surel: info.germanyid@vfshelpline.com
Telepon: + 62 21 304 18719