Universitas Warwick Inggris – Apakah anda termasuk bagian dari mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri? Atau masih menjadi siswa SMA yang bercita cita melanjutkan kuliah sarjana di luar negeri?

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Maka saran yang paling tepat adalah melanjutkan studi di beberapa universitas di negara eropa barat salah satunya Inggris. Mengapa eropa barat menjadi rujukan yang paling penting? Karena rata rata negara di eropa barat memiliki sistem pendidikan yang baik seperti Inggris, Belanda, Perancis, Jerman dan Belgia.

Pada peringkat universitas terbaik di dunia, negara negara di eropa barat berhasil menyumbangkan beberapa kampusnya masuk ke dalam sepuluh besar sedunia. Misalnya Inggris dengan universitas oxford,

Belanda dengan universitas Leiden dan Perancis dengan universitas parisnya. Selain itu, hampir mayoritas kampus-kampus besar di negara-negara eropa barat masuk ke dalam jajaran tiga ratus besar dunia.

Bandingkan dengan negara negara di Asia Tenggara. Indonesia saja baru berhasil memasukkan UI, ITB dan UGM ke dalam jajaran lima ratus besar sedunia.

Hanya singapura dan Malaysia yang berhasil menembus jajaran empat ratus dan tiga ratus besar dunia. Di regional asia tenggara, posisi puncak universitas diduduki National University of Singapore dengan urutan terbaik pertama di asia.

Alasan Mengapa Negara Inggris Diminati Oleh Para Pelajar

Nah, bagi anda yang ingin merasakan suasana luar negeri yang begitu berbeda. Negara negara di eropa barat adalah rekomendasi utamanya. Selain itu, lebih spesifik adalah negara inggris.

Berikut beberapa alasan mengapa inggris pantas dimasukkan ke dalam list negara tujuan studi anda:

1. Sistem pendidikan

Pertama, inggris adalah salah satu negara tertua dengan monarki tertua, jadi sistem pendidikan dan politik di Inggris juga menjadi salah satu yang tertua di dunia. Universitas di Inggris saja masuk ke dalam sepuluh universitas tertua di dunia.

2. Perkuliahan berbasi IELTS

Kedua, inggris menerapkan perkuliahan berbasis bahasa inggris IELTS. Ini tentunya sangat memudahkan anda hanya fokus belajar pada satu bahasa saja. Bandingkan jika anda kuliah di Belanda dan Perancis.

Walauapun anda mengambil kelas internasional, kampus kampus di Belanda dan Perancis biasanya meminta anda melengkapi berkas bahasa perancis dan belandanya untuk menjadi nilai tambah. Ya biasanya sekedakr agar anda bisa berkomunikasi di luar kampus dengan masyarakat sekitar.

3. Memiliki sistem pascasarjana yang berbeda

Ketiga, negara Inggris mempunyai sistem pascasarjana yang berbeda dibandingkan dengan negara eropa barat lainnya. Khusus pada jenjang master (s2), di negara Inggris seluruh universitas hanya menerapkan perkuliahan satu tahun saja.

Sangat mudah bukan? Bandingkan dengan anda ketika berkuliah di Belanda dan Perancis yang menghabiskan waktu dua tahun.

Bahkan kabarnya, untuk kuliah di Belanda saja, beberapa mahasiswa lulusan S1 Indonesia harus mengikuti matrikulasi, contoh ini bisa ditemukan di jurusan sejarah, antropologi, bahasa dan humaniora.

4. Memiliki beasiswa bergengsi

Keempat, Inggris mempunyai beasiswa bergengsi yang jauh lebih spesifik ketimbang negara negara eropa barat lainnya. Inggris mempunyai beasiswa Chevening Scholarship yang sangat bergengsi dan menjadi rebutan banyak orang.

Mengapa disebut bergengsi? Karena Chevening Scholarship ini memberikan beasiswa untuk biaya hidup, biaya perkuliahan dan beberapa pelatihan langsung dari Pemerintah Kerajaan Inggris. Bisa bangga sekali bukan anda menjadi awardee dari Kerajaan Inggris raya yang sangat terkenal itu.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Universitas Warwick Inggris

Universitas Warwick

Nah, jika anda sudah mantap memilih Inggris sebagai negara tujuan kuliah anda. Selanjutnya anda tinggal memilih kampus tujuan anda. Jika ingin mengincar kampus terbaik, saran Kami adalah dengan mengunjungi universitas terbaik di Inggris yaitu Universitas oxford.

Tetapi karena disebut kampus terbaik, tentunya anda harus bersaing ketat untuk masuk ke dalamnya. Tetapi tenang saja, di Inggris masih banyak kampus lain yang bisa menjadi tujuan kuliah anda.

Ada universitas bristol, universitas brunel, imperial college London, Universitas London hingga Cambrige. Selain itu ada beberapa universitas yang bisa anda pertimbangkan untuk masuk semisal universitas warwick.

Jurusan di Universitas Warwick Inggris

Universitas Warwick Inggris ini bukanlah univeritas kecil kacangan seperti yang anda kira. Universitas ini termasuk ke dalam jajaran universitas terbaik di Inggris di bidang ekonomi, manajemen dan infrstruktur.

Jurusan-jurusan di Universitas Warwick sebenarnya cukup beragam, tetapi jurusan di Universitwa Warwick yang terkenal adalah jurusan manajemen dan ekonominya. Untuk jurusan idaman anda apakah ada bisa cek di website universitas atau melalui QS World University Ranking.

Baca Juga  5 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat & Menyenangkan

Lokasi Universitas Warwick Inggris

Lokasi universitas Warwick Inggris juga tidaklah terpencil, tetapi berada di Coventry. Kota Coventry tempat lokasi universitas Warwick berada tidak begitu jauh dari London. Jika diibaratkan seperti Jakarta dengan Bogor jika ditempuh dengan sepeda motor bisa sekitar satu hingga dua jam saja

Walaupun demikian, kota Coventry tidaklah seramai London. Seperti banyak kota di Inggris, walaupun tidak seramai Inggris, fasilitas di pusat kota dan alat trasnportasi cukup baik (dari London ke Covetry bisa naik kereta sekitar dua jam, kira kira sama dengan anda naik kereta listrik dari ujung jakarta kota hingga Kota Bogor

Karena mereka memiliki pusat hiburan dan juga taman-taman kota. Bahkan kampus universitas Warwick Inggris ini lumayan besar memiliki beragam fasilitas mahasiswa seperti pusat fitnes, perpustakaan hingga pusat restoran dan pusat kesenian.

Siapakah Alumni Universitas Warwick Inggris yang Berasal Dari Indonesia?

Universitas Warwick alumni penting yang berasal dari Indonesia adalah Alanda Kariza yang pernah menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Inggris Raya.

Jadi bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Warwick Inggris tidak perlu takut karena ternyata orang orang Indonesia yang pernah studi kesana juga lumayan banyak dan cukup terkoneksi dengan baik dengan jejaring orang orang Indonesia lainnya.

Kebanyakan orang orang Indonesia yang studi di Universitas Warwick Inggris menggunakan beasiswa dari pemerintah Indonesia, seperti misalnya beasiswa LPDP Kementerian Keuangan, Beasiswa Dosen Departemen Pendidikan dan dari Kementerian Agama.

Tetapi beasiswa universitas warwick ternyata juga ada, anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan mengunjungi website universitwa warwick di lamannya mengenai “scholarship”.

Beasiswa universitas warwick ditawarkan untuk mahasiswa internasional dari berbagai negara bagian, skema beasiswa ini juga beragam. Anda bisa mengeceknya langsung.

Berapakah Biaya Kuliah di Universitas Warwick?

Berapakah Biaya kuliah di Universitas Warwick

Lalu, bagaimana dengan mereka yang ingin studi ke Universitas Warwick menggunakan biaya sendiri, tenang aja, menurut laman dari kampusnya, biaya di Universitas Warwick untuk program sarjana sekitar tahun 2015 di angka 9000 poundsterling.

Jadi jika dirupiahkan dengan nilai tukar rupiah dengan poundsterling di angka 15.000 bisa diambil kesimpulan sekitar Rp 135.000.000.

Biaya ini tentunya begitu jauh berbeda dengan biaya kuliah sarjana di Indonesia, selain itu Anda harus menambah biaya hidup dan biaya biaya lainnya.

Yang mesti anda catat, biaya hidup di Inggris setiap kota berbeda. Karena lokasi universitas warwick berada di Coventry yang lumayan jauh dari inggris, maka biaya hidup di Universitas Warwick tidaklah semahal dari biaya hidup di kota london.

Informasi terakhir bagi anda yang ingin studi di universitas warwick akan lebih baiknya mulai belajar hidup mandiri seperti memasak, sehingga nantinya bisa mengurangi biaya hidup disana jika sering sering berhemat.

Selain itu juga, berlatihlah bahasa inggris semaksimal anda, karena skor IELTS yang diminta beberapa universitas di Inggris biasanya sangat besar dan butuh perjuangan untuk mencapainya, tetapi hal itu mudah ditakhlukkan jika anda bersungguh sungguh dan mengikuti kursus preparation IELTS.