Universitas Terbaik di Australia – Anda ingin kuliah di luar negeri tetapi cukup dekat dengan Indoensia? Pilihannya ada di beberapa negara asia tenggara dan juga negara australia.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Jika anda cukup bosan dengan beberapa negara asia tenggara seperti Malaysia dan Singapura. Maka australia adalah pilihan paling masuk akal. Kenapa australia menjadi pilihan masuk akal?

Kuliah di australia secara jarak geografis cukup dekat, hanya dengan pesawat terbang dari Bali anda bisa sampai ke australia hanya dalam hitungan lima hingga tujuh jam saja.

Sementara jika dari jakarta hanya tujuh sampai sepuluh jam tergantung dengan lokasi kota yang akan anda tuju.

Selain faktor tersebut, kuliah di australia juga memiliki beragam keuntungan menarik, misalnya memilih universitas kelas dunia dengan level 50 besar dunia, mudah mendapatkan makanan yang diimpor dari asia sehingga anda tidak akan mengalami homesick yang cukup parah.

Kedekatan geografis antara australia dengan indonesia cukup dekat sehingga pertukaran barang dan jasa antara kedua negara juga cukup baik. Misalnya ketika anda studi di australia.

Anda akan dengan lebih mudah mendapatkan bahan bahan masakan mengenai bumbu asia dan tentunya bumbu Indonesia.

Selain memberikan peluang berkuliah di universitas kelas dunia, sejatinya universitas-universitas di Australia juga cukup beragam seperti di Indonesia.

Dimana ada juga universitas yang berada di level menengah yang cocok bagi anda (tentu saja ranking nya jauh lebih baik dibandingkan dengan universitas di Indonesia).

Pilihan ini bisa menjadi alternatif anda untuk melanjutkan studi jika tidak ingin bersaing ketat di universitas universitas kelas dunia.

Pemilihan Letak Kampus Mempengaruhi Biaya Pengeluaran

Kuliah di australia juga layaknya kuliah di negara lain dimana biaya hidup mayoritas cukup tinggi di beberapa kota besar.

Di australia, biaya hidup yang cukup tinggi terbagi di beberapa negara bagian yang beribukota sebagai pusat industri dan bisnis, misalnya seperti Canberra, Sydney dan juga Melbourne.

Fakta ini berbanding lurus dengan mahalnya sewa apartemen dan kontrak rumah di tengah tengah kota sehingga membutuhkan strategi khusus dalam memilih daerah lokasi tempat tinggal.

Anda bisa juga menggunakan strategi memilih lokasi tempat tinggal di daerah sub urban dan menggunakan transportasi umum ketika berpergian ke kampus yang berada di tengah kota.

Baca Juga  Biaya, Syarat, dan Pilihan Jurusan kuliah di Jerman

Pemilihan kampus ataupun pemilihan kota sebagai tempat kuliah akan mempengaruhi pengeluaran dan juga biaya kuliah anda.

Jika anda memutuskan memilih di lima universitas terbaik di australia, maka anda harus siap siap berada di kota besar di australia.

Karena rata rata lima universitas terbaik di australia ini berada di kota besar.

Sementara jika selain universitas yang tidak disebutkan bisa masuk ke dalam kota-kota yang bercirikan pedesaan, sub urban atau menjadi kota yang tidak terlalu ramai dan hanya menjadi tempat persinggahan ketika liburan.

Beberapa kota yang biaya hidupnya tidak terlalu mahal adalah Adelaide, Darwin dan juga Perth.

Cara Memilih Universitas Terbaik di Australia

Cara Memilih Universitas Terbaik di Australia

Image: Google

Daftar lima universitas terbaik di australia yang akan disajikan ini tentu saja menginduk pada beberapa data yang sudah sering dijadikan rujukan dalam memilih universitas terbaik di australia.

1. Daftar Group of Eight

Pertama adalah daftar Group of Eight. Daftar Group of eight atau kelompok deapan ini merupakan kelompok universitas-universitas terbaik di australia yang berjumlah delapan universitas.

Ciri dari kelompok delapan ini mempunyai reputasi yang luas dan bagus, memiliki jaringan internasional, dukungan alumni serta memiliki pengajar-pengajar yang berkualitas.

2. QS World University Ranking

Kedua, rujukan selanjutnya adalah ranking universitas di dalam QS World University Ranking dan juga Times Higher Education. Kenapa kedua lembaga ini penting sebagai rujukan universitas terbaik di australia?

Karena QS World University Ranking dan juga Times Higher Education melakukan pemeringkatan secara independen berdasarkan performa kampus dilihat dari jumlah publikasi di jurnal internasional.

Kualitas para pengajar apakah sudah bergelar doktor dan profesor, serta jumlah riset riset yang telah dihasilkan oleh universitas-universitas tersebut.

Rekomendasi 5 Universitas Terbaik di Australia

Rekomendasi 5 Universitas Terbaik di Australia

Image: Google.

Berikut beberapa universitas terbaik di australia yang termasuk dalam kategori lima besar terbaik di Australia yang bisa Anda perhatikan jika ingin kuliah disana, diantaranya:

1. Universitas Nasional Australia

Pertama, universitas terbaik di australia yang berlokasi di pusat ibukota Canberra yaitu Universitas Nasional Australia (Australian National University).

Posisi Universitas Nasional Australia di ranking Group of Eight dan juga QS World Ranking university selalu menduduki peringkat pertama

Faktor faktor ini tidak bisa dipisahkan bahwa universitas nasional australia berkedudukan di ibukota, memiliki jaringan yang cukup luas serta menjadi universitas unggulan.

Jika anda memilih universitas ini, faktor utama yang perlu diperhatikan adalah tingkat biaya hidup di Canberra yang lumayan tinggi, sama halnya anda hidup di ibukota Jakarta tentu berbeda dengan ketika tinggal di Jogja atau Purwokerto bukan?

2. Universitas Melbourne

Kedua, Universitas Melbourne, posisi universitas melbourne dalam peringkat QS World University ranking sering bergantian dengan Universitas Nasional Australia, terkadang berada di peringkat pertama dan terkadang berada di peringkat kedua.

Yang pasti adalah Universitas Melbourne masuk dalam group of eight dan berlokasi di Kota Melbourne, salah satu dari beberapa kota besar di Australia dengan biaya hidup yang lumayan tinggi.

3. Universitas Sydney

Ketiga, universitas sydney berada di peringkat ketiga universitas terbaik di australia, universitas ini memiliki beragam jurusan baik dari ilmu alam maupun sosial, berlokasi di pusat Kota Sydney yang anda tentu sudah familiar dengan Gedung operanya.

Sayangnya, satu hal yang mesti anda pahami, Sydney adalah kota besar yang juga memakan biaya hidup yang tinggi.

3. Universitas New South Wales

Keempat, peringkat empat universitas terbaik di australia diduduki oleh universitas new south wales, berada di negara bagian victoria universitas ini cukup bergengsi dan menjadi jujugan banyak masyarakat Indonesia bersekolah disana.

4. Universitas Queensland

Kelima, peringkat terakhir lima besar universitas terbaik di australia diduduki oleh universitas queensland yang berlokasi di pusat kota Brisbane.

Nah, dibandingkan dengan beberapa kota lain, kota brisbane termasuk kota dengan biaya hidup menengah dibandingkan dengan Canberra atau Melbourne.