Syarat Pendaftaran CPNS – Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika berminat mendaftar cpns adalah syarat-syarat pendaftaran yang begitu rumit. Berkas berkas yang dipersiapka ketika mendaftar cpns biasanya lebih banyak ketimbang mendaftar lowongan kerja di swasta.

Misalnya saja saat anda ingin mendaftar menjadi guru sekolah dasar cpns dengan formasi S1 pendidikan kimia di sebuah daerah. Maka syarat syarat pendaftaran cpns yang perlu anda siapkan biasanya dimulai dari scan ktp, scan ijazah, scan transkrip, ditambah dengan status akreditasi kampus anda sebelumnya (status akreditasi saat berlangsung pendaftaran).

Belum ditambah dengan syarat cpns tambahan seperti surat keterangan sehat, surat bebas narkoba yang dibuat di puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah. Nah, belum lagi ditambah dengan surat keterangan catatan kepolisian berkelakuan baik yang mesti dibuat di polsek atau polres. Panjang sekali kan?

Nah, panjangnya berkas berkas syarat pendaftaran cpns ini memiliki tujuan agar database anda sebagai pegawai negara nantinya, jika diterima dapat tersusun dengan rapi. Hal ini juga menghindarkan pegawai-pegawai negara diisi oleh bekas bekas kriminal (ditunjukkan dengan skck), atau diisi oleh mereka yang tidak berkompeten (misalnya ijazah palsu dari kampus palsu).

Lalu kenapa ya setiap pendaftaran cpns yang hanya membuka formasi ratusan posisi, yang mendaftar bisa tiga hingga empat kali lipatnya? Kita akan bahas sedikit sebelum masuk membahas syarat syarat pendaftaran cpns yang perlu anda perhatikan lebih detail.

Oya, setelah mempersiapkan syarat syarat pendaftaran cpns, jika nantinya anda diterima jangan lupa juga mempersiapkan berkas berkas legalisir yang biasanya digunakan untuk pemberkasan ketika anda nantinya diterima dan disiapkan untuk diklat pra jabatan. Berkas berkas ini tentunya juga sama rumitnya ketika ada mendaftar syarat cpns. Biasanya adalah legalisir ijazah dimulai dari ijazah sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga ijazah terakhir yang anda gunakan untuk melamar.

Kenapa berminat menjadi PNS?

syarat pendaftaran cpns

Biasanya sebagian besar pelamar cpns ketika ditanya kenapa masih berminat mendaftar menjadi pns. Sebagian besar jawabannya adalah soal keamanan keuangan selama seumur hidupnya hingga pensiun. Gaji pokok pns yang lumayan disertai dengan tunjangan jabatan, tunjangan hari raya hingga gaji ketiga belas adalah faktor penarik utama.

Selain itu alasan selanjutnya adalah soal gengsi dan status sosial di mata masyarakat yang biasanya akan meningkat. Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa menjadi pegawai negeri akan meningkatkan akreditasi seseorang di matas masyarakat.

Terlebih mereka yang belum menikah alias single maka akan menjadi menantu idaman calon mertua. Kesan bahwa akan menjdapat jaminan hidup selama pekerjaan terus berlangsung (bahkan ketika negara terserang wabah dan krisis sekalipun, para pns akan tetap mendapatkan gaji).

Karena banyaknya yang ingin menjadi pegawai negeri, maka jika anda berminat mendaftar cpns, maka jangan sampai salah dalam mempersiapkan syarat syarat pendaftaran cpns. Sekali saja anda salah memasukkan satu berkas, maka secara otomatis akan ditolak oleh sistem.

Sistem gugur ini tentu saja akan mementahkan anda dari sistem seleksi dan harus mengulang di proses pendaftaran tahun selanjutnya, sayang sekali kan?. bagaimana strategi mempersiapkan syarat cpns agar tidak terselip? Cara utamanya adalah membuat list atau catatan di sebuah buku yang bisa anda tandai sendiri.

Jika list berbentuk cek list ini sudah siap, anda bisa tulis syarat syarat pendaftaran cpns, kemudian disusun ke dalam sebuah map yang tertutup. Setiap dokumen yang sudah anda masukkan ke dalam map, bisa anda contreng cek listnya sehingga memudahkan anda mencari mana dokumen yang sudah dimasukkan atau belum.

Baca Juga  Manfaat dan Tips Memilih Bimbel CPNS Untuk Sukses

Persyaratan CPNS

Syarat syarat pendaftaran cpns biasanya akan dimulai dari syarat paling umum terlebih dahulu, misalnya adalah tidak bergabung menjadi anggota partai politik, tidak pernah dihukum kurungan penjara, tidak pernah dipecat dalam pekerjaan (baik institusi negeri maupun swasta), serta tidak berkedudukan sebagai pegawai di badan usaha milik negara ataupun badan usaha milik swasta.

Selain itu yang paling penting adalah anda tidak pernah begabung dengan anggota-anggota organisasi yang melawan pancasila misalnya adalah organisasi komunisme. Serta tidak menyalahgunakan obat-obatan terlarang seperti narkotika dan psikotropika. Selain itu juga anda memenuhi kualifikasi dalam bidang keilmuan serta memiliki batasan umur yang telah ditentukan.
Syarat daftar cpns selanjutnya akan lebih spesifik sesuai dengan formasi lowongan cpns yang akan anda lamar. Jika anda ingin melamar cpns di kementerian pusat, biasanya formasi yang ditawarkan meminta ijazah minimal S1.

Sementara untuk beberapa kementerian tertentu seperti kementerian hukum dan ham pada formasi sipir penjara hanya mensyaratkan ijazah SMA/SMK atau sederajat. Formasi formasi di tingkat daerah juga biasanya bervariasi dari ijazah SMP, SMA hingga S1 dan S2.

Persyaratan cpns selanjutnya adalah berkas berkas detail yang perlu anda persiapkan jauh jauh hari. Semisal surat keterangan sehat dari puskemas atau rumah sakit negeri, surat keterangan berkelakuan baik dari polsek atau polres, surat bebas narkoba dari puskemas atau rumah sakit milik pemerintah (rumah sakit negeri).

Serta biasanya scan ijazah dan transkrip nilai yang sesuai dengan formasi yang akan anda pilih serta foto formal berkualitas bagus. Selanjutny berkas berkas tersebut bisa anda upload di website sccn.bkn.go.id setelah sebelumnya anda membuat akun terlebih dahulu.

Berkas-berkas penting mendaftar PNS

syarat pendaftaran cpns

Berikut berkas berkas penting syarat pendaftaran cpns yang bisa anda masukkan list catatan anda untuk dipersiapkan ketika akan mendaftar syarat syarat cpns baik di tahun ini atau tahun mendatang:

1. Luluan SMA, SMK atau sederajat dengan nilai rata rata minimal 7. atau lulusan S1 atau S2 sesuai dengan formasi yang anda lamar.

2. Jurusan yang anda tempuh harus terdata di forlap kementerian pendidikan tinggi dan memiliki indeks prestasi kumulatif minimal 2.75 untuk skala 4.00. selanjutnya sudah terakreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri/Swasta. Seluruhnya wajib di scan dan diupload di website badan kepegawaian negara.

3. Pelamar persyaratan cpns selanjutnya jika lulusan luar negeri harus sudah menyetarakan ijazahnya melalui kementerian pendidikan dan melampirkan surat penyetaraannya.

4. Usia saat melamar minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sesuaikan dengan formasi yang akan anda lamar. Biasanya untuk jenjang ijazah SMP hingga S2 berada dalam rentang 18 hingga 35 tahun. Sementara untuk dosen dan peneliti dalam rentang sampai 40 tahun.

5. Pelamar merupakan warga negara Indonesia dibuktikan dengan kartu tanda penduduk elektronik dan tidak memiliki kewarganegaraan lain.

6. Pelamar menyatakan diri bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta tidak pernah terlibat dengan organisasi terlarang.

Seleksi Pendaftaran PNS

Setelah melengkapi syarat syarat pendaftaran cpns, nantinya anda akan menghadapi serangkaian seleksi pendaftaran cpns yang dimulai dari proses seleksi administratif, seleksi skd (seleksi kemampuan dasar), seleksi wawasan kebangsaan serta kemudian biasanya ada seleksi tatap muka wawancara.

Bagi anda yang melamar posisi sipir penjara di kementerian hukum dan ham biasanya akan ada seleksi kesamaptaan atau seleksi kebugaran tubuh anda. Jadi jangan lupa persiapkan untuk latihan olahraga, push up, sit up dan olahraga keliling lapangan. Selamat berjuang.