Sistem Pemerintahan Jerman – Jerman adalah salah satu negara yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi parlementer. Dapat dikatakan juga bahwa Jerman merupakan republik parlementer federal yang demokratis. Sejalan dengan itu, The Economist Intelligence Unit pada 2017 telah menilai sistem Pemerintahan Jerman sebagai “demokrasi penuh”.

Untuk menjalankan sistem Pemerintahan Jerman sehari-hari, kekuasaan utama dimiliki oleh konselir yang memiliki fungsi dan peran seperti halnya perdana menteri. Jabatan konselir adalah jabatan yang merupakan peninggalan Kekaisaran Romawi, yang masih dimaknai hingga hari ini di Jerman.

Dengan negara bagian di dalamnya, secara administrasi sistem yang dianut Jerman adalah negara federasi. Federasi Jerman tersebut berjumlah sebanyak 13 negara bagian dan 3 kota setingkat negara bagian.

Kekuasaan legislatif federal Jerman berada di Bundestag (sebutan untuk parlemen Jerman) dan Bundesrat (badan perwakilan Länder, yang merupakan perwakilan dari semua negara bagian di Jerman).

Struktur Lembaga dalam Sistem Pemerintahan Jerman

Secara umum, Jerman memiliki struktur pemerintahan yang tidak berbeda dengan negara parlementer lainnya. Walaupun begitu, tetap ada beberapa perbedaan yang membuatnya menjadi khas era sebelumnya.

Beberapa struktur utama dalam sistem pemerintahan Jerman adalah sebagai berikut.

1. Kepala negara – Presiden Jerman

2. Kepala pemerintahan – Kanselir Jerman (1949 – sekarang)

3. Kabinet – Kabinet Jerman

4. Agensi – Agensi pemerintah Jerman, termasuk:

a) Layanan Intelijen Federal (Bundesnachrichtendienst)
b) Biro Investigasi Kecelakaan Pesawat Federal (Bundesstelle für Flugunfalluntersuchung)
c) Kantor Penerbangan Federal (Luftfahrt-Bundesamt)
d) Biro Federal untuk Investigasi Korban Maritim (Bundesstelle für Seeunfalluntersuchung)
e) Badan Maritim dan Hidrografi Federal (Bundesamt für Seeschifffahrt und Hydrographie)
f) Badan Investigasi Kecelakaan Kereta Api Federal (Eisenbahn-Unfalluntersuchungsstelle des Bundes)
g) Otoritas Kereta Api Federal (Eisenbahn-Bundesamt)

Baca Juga  Keadaan Alam Jerman yang Asri

5. Badan Legislatif – Bundestag dan Bundesrat Jerman
Bundestag atau Federal Diet dipilih untuk masa jabatan empat tahun dan terdiri dari 598 atau lebih.

Seluruh anggotanya dipilih dengan cara perwakilan proporsional anggota campuran, yang oleh masyarakat Jerman disebut sebagai “personalised proportional representation” atau “representasi proporsional yang dipersonalisasi”.

6. Kehakiman – Kehakiman Jerman

7. Hubungan luar negeri – Hubungan luar negeri Jerman

Beberapa Fakta dalam Pemerintahan Jerman

Terdapat beberapa fakta menarik yang ada di dalam sistem Pemerintahan Jerman yang bisa jadi tidak ada di dalam sistem pemerintahan lain serupa. Beberapa fakta menarik tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sistem multilateral di Jerman telah didominasi oleh Christian Democratic Union (CDU) dan Partai Sosial Demokrat Jerman (SPD) sejak tahun 1949.

2. Peradilan di Jerman tidak tergantung pada lembaga eksekutif dan legislatif, sementara masih menjadi kelaziman apabila anggota eksekutif merangkap menjadi anggota legislatif juga.

3. Sistem politik Jerman diatur dalam konstitusi 1949, yang disebut Grundgesetz (Hukum Dasar), yang tetap berlaku dengan amandemen kecil setelah penyatuan Jerman kembali pada 1990.

4. Konstitusi di Jerman menekankan perlindungan kebebasan individu dalam katalog luas hak asasi manusia dan sipil.

5. Terdapat pembagian kekuasaan, baik di antara tingkat federal, negara, antara cabang legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Pembagian Wilayah Administrasi

Di dalam sistem Pemerintahan Jerman terdiri dari enam belas negara bagian(13 negara bagian+3kota setara negara bagian) yang disebut sebagai Länder.

Dengan adanya perbedaan dalam ukuran dan populasi di masing-masing wilayah, pembagian negara bagian tersebut bervariasi terutama antara negara-kota (Stadtstaaten) dan negara bagian dengan wilayah yang lebih besar (Flächenländer).

Untuk kepentingan administrasi regional, lima negara bagian yaitu Baden-Württemberg, Rhine-Westphalia Utara, Bavaria, Hesse, dan Saxony, terdiri dari total 22 Distrik Pemerintah atau Regierungsbezirke.

Baca Juga  5 Tempat Wisata di Jerman Banyak Dikunjungi

Pada 2009 yang lalu Jerman dibagi menjadi 403 distrik (Kreise) di tingkat kota, ini terdiri dari 301 distrik pedesaan dan 102 distrik perkotaan.