Sekolah Perancis – Tidak sedikit orangtua yang tertarik untuk memasukkan anaknya ke sekolah perancis atau sekolah yang menerapkan kurikulum Perancis. Hal ini biasa dilakukan karena lebih percaya pada mutu pendidikan Prancis yang memang terbukti.

Untungnya, masuk ke sekolah Perancis bukan berarti harus ke Prancis karena hari ini sudah ada beberapa sekolah Prancis yang berdiri di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut menggunakan kurikulum Prancis dan diajar langsung oleh guru dari Prancis.

Sekolah Prancis yang Ada di Indonesia

Hingga kini terhitung ada dua sekolah Perancis yang berdiri di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut akan mengeluarkan sertifikat kelulusan sebagai jenjang pendidikan, dan bukannya kursus atau home schooling.

Sekolah Perancis yang ada di Indonesia adalah Lycée Français Louis-Charles Damais Jakarta dan Lycée Français de Bali, Louis Antoine de Bougainville. Sekolah-sekolah tersebut hanya berlokasi di satu tempat dan diketahui belum membuka cabang.

1. Lycée Français Louis-Charles Damais

Lebih dikenal dengan nama Lycée international français de Jakarta (LIF Jakarta), lokasi sekolah ini berada di di Jalan Cepete Jakarta Selatan. Tidak hanya pendidikan tingkat dasar, sekolah ini memiliki jenjang pendidikan yang terbilang cukup lengkap.

Sekolah berkurikulum Prancis ini telah membuka jenjang pendidikan dari tingkat prasekolah (maternelle) sampair tingkat sekolah menengah (lycée). Oleh sebab itu, kita tidak perlu khawatir sulit melanjutkan jenjang, karena siswa di sini dapat menempuh pendidikan berkelanjutan.

Sekolah ini tercatat sudah menerima sekitar 514 murid di tahun 2012 yang lalu. Murid-murid yang ada di dalamnya tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga berasal lebih dari 30 negara lain yang memiliki keperluan tinggal di Indonesia.

Alamat lengkap Sekolah Lycée Français Louis-Charles Damais Jakarta adalah di Jalan Cipete Dalam N°32, Jakarta 12410 atau bisa dihubungi di nomor telepon (62-21) 750 30 62 dan nomor Faks : (62-21) 750 36 24.

Baca Juga  Biaya Hidup di Perancis Sebagai Mahasiswa

Kita dapat melihat informasi lebih lengkap dapat diakses langsung dari website resminya, www.lifdejakarta.org atau bertanya secara langsung dengan mengirim surel ke alamat proviseur@lifdejakarta.org

2. Lycée Français de Bali, Louis Antoine de Bougainville

Lebih dikenal dengan nama Ecole Internationale Française de Bali (EIFB), sekolah ini berlokasi di daerah Kerobokan, Bali, Indonesia. Sekolah ini bisa dibilang menjadi pelopor berdirinya sekolah Prancis di Indonesia.

Pada awal didirikan di Bali, yaitu tahun 1991, kelas yang ditawarkan hanya pada jenjang sekolah menengah. Setelah jenjang pertama dibuka pada 1 September 1991, menyusul kelas sekolah menengah yang dimulai pada 2009, dan ditambah lagi kelas terminale (tahun terakhir) yang dimulai pada sekitar tahun 2011 yang lalu.

Kini Lycée Français de Bali, Louis Antoine de Bougainville telah membuka jenjang pendidikan dasar (primaire) sampai pendidikan tingkat menengah atas (lycée). Hingga pada tahun 2016 yang lalu, sekolah berkurikulum pendidikan Prancis ini total memiliki sekitar 350 murid.

Lycée Français de Bali, Louis Antoine de Bougainville berlokasi di Jalan Umalas Kauh nomor 76, Kerobokan, Kuta, Bali atau bisa dihubungi di nomor telepon +623614732314 atau mengirim fax di nomor +623614732315.

Untuk mencari informasi cepat, kita juga dapat mengakses situs website resminya di http://www.lfbali.com/ atau bertanya dengan cara mengirim surel di alamat administration@lfbali.com

Itulah tadi dua sekolah Perancis yang ada di Indonesia. Tidak perlu ragu untuk mendaftar ke sekolah-sekolah tersebut karena nantinya murid akan diajari budaya Eropa selain juga belajar seperti selayaknya sekolah.