Perekonomian Negara Jerman – Mekipun bukan negara adidaya, namun Jerman memiliki pengaruh besar dalam peta ekonomi dunia, terutama di wilayah Eropa. Negara yang satu ini dikenal memiliki ekonomi yang kuat dan cukup mandiri. Kemandirian tiap negara bagian dalam tubuh Jerman juga turut membantu kestabilan ekonomi negara ini.

Negara Jerman merupakan salah satu negara yang memiliki kondisi ekonomi pasar sosial dengan tenaga kerja berkemampuan tinggi, kapitalisasi pasar dalam jumlah besar, tingkat korupsi yang rendah baik di swasta atau negara, serta tingkat inovasi yang sangat baik.

Kondisi Ekonomi Tahun 2019

Seperti yang terjadi secara global, pertumbuhan Negara Jerman(perekonomian Negara Jerman, perekonomian Jerman) yang merupakan perekonomian terbesar di Eropa pada beberapa tahun belakangan ini ikut menurun.

Meskipun masih terhitung aman, diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi Negara Jerman pada tahun 2018 hanya menyacapai 1,5 persen, yang merupakan angka terendah sejak lima tahun terakhir. Sebelumnya, pada tahun 2017 yang lalu pertumbuhan ekonomi Jerman masih mencapai 2,2 persen.

Hampir juga sama dengan kebanyakan negara di dunia, tantangan terbesar bagi perekonomian Negara Jerman adalah kebijakan pemerintah AS di bawah presiden kontroversial Donald Trump, yang sedang melancarkan perang dagang terhadap Tiongkok dan juga keputusan Brexit atau keluarnya Negara Inggris dari Uni Eropa.

Jerman Negara yang Kuat

Walaupun ekonomi negara ini terhitung melemah, akan tetapi Negara Jerman(perekonomian Negara Jerman, perekonomian Jerman) masih tetap dapat dikatakan menunjukkan adanya pertumbuhan yang sangat baik dicapai setiap tahun apabila dihitung sejak tahun 2010.

Tercatat resesi terakhir yang dialamai oleh Jerman(perekonomian Negara Jerman, perekonomian Jerman) adalah pada tahun 2009, yaitu terjadi karena adanya krisis keuangan global.

Baca Juga  Ibukota Jerman dan Profil Singkatnya

Seperti tahun sebelumnya, perekonomian Jerman pada tahun ini juga masih ditunjang oleh pertumbuhan konsumsi dalam negeri yang cukup baik. Selain itu, angka-angka investasi oleh perusahaan juga menunjukkan peningkatan yang positif.

Investasi yang baik di Jerman terutama terjadi pada sektor bangunan, yang diketahui cukup dinamis. Keadaan tersebut sejajar juga dengan pengeluaran negara, terutama pada pelayanan sosial dan upah atau gaji rata-rata karyawan yang mengalami kenaikan.

Meskipun begitu, salah satu (perekonomian Negara Jerman, perekonomian Jerman) yang mengejutkan adalah sektor ekspor pada tahun 2018 yang ternyata tidak mampu menjadi motor pertumbuhan ekonomi.

Apabila dibanding tahun-tahun sebelumnya, Negara Jerman (perekonomian Negara Jerman, perekonomian Jerman) mencatat lebih sedikit pertumbuhan pada sektor ekspor, terlebih pada saat yang sama justru lebih banyak dilakukan impor.

Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Ekonomi

Tidak bisa dipungkiri, bahwa alasan terbesar yang telah memberatkan neraca perdagangan Negara Jerman adalah konflik dagang yang dimulai oleh Pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump terhadap Tiongkok.

Di saat bersamaan, sektor otomotif Negara Jerman yang dikenal merupakan salah satu sektor terpenting di pasar ekspor global, menghadapi kesulitan besar menghadapi berbagai regulasi baru soal pembatasan emisi yang kini diterapkan secara internasional. Akibat dari kebijakan tersebut, tidak sedikit produsen mobil asal Jerman pada tahun yang lalu beberapa kali telah terpaksa harus menurunkan produksinya.

Biarpun begitu, sebenarnya trend pertumbuhan yang cukup positif masih dinilai menguntungkan bagi keuangan Jerman. Untuk lima kalinya berturut-turut, pendapatan Negara Jerman terhitung lebih besar daripada pengeluaran yang dilakukan.

Tidak jauh berbeda seperti pada tahun-tahun sebelumnya, untuk rancangan belanja Negara Jerman (perekonomian Negara Jerman, perekonomian Jerman) tahun 2019 ini tidak akan merencanakan hutang baru.

Baca Juga  Nama Asli dan Julukan Negara Jerman