Kepala Negara Jerman – Jerman merupakan salah satu negara di wilayah Eropa yang memiliki sistem demokrasi perlementer. Oleh karena hal itu, Jerman memiliki dua posisi teratas yang penting di sana, yaitu presiden dan kanselir. Presiden adalah Kepala Negara Jerman, sementara jabatan kanselir adalah sebagai kepala pemerintahan bagi Jerman.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Presiden adalah Kepala Negara Jerman

Presiden Jerman atau Jabatan Kepala Negara Jerman saat ini diduduki oleh Frank-Walter Steinmeier.

Di dalam pengaturan pemerintahan, jabatan Kepala Negara Jerman ini tidak akan memiliki banyak pengaruh meskipun juga dapat mengajukan persetujuan atau ketidaksetujuan terhadap suatu masalah penting. Banyak pengaruhnya adalah mengenai hal sosial masyarakat atau kebijakan populis.

Hampir sama seperti negara parlementer lainnya, jabatan presiden atau Kepala Negara Jerman ini lebih sering digunakan dalam situasi yang bersifat seremonial. sementara hampir semua keputusan-keputusan penting pemerintahan bergantung pada pertimbangan parlemen.

Kanselir adalah Kepala Pemerintahan

Kanselir Jerman dijabat oleh Angela Merkel sejak tahun 2005 yang lalu.

Kanselir adalah sebuah jabatan tertinggi yang mirip dengan perdana menteri di negara yang bersistem serupa. Jabatan kanselir ini merupakan warisan dari Kekaisaran Romawi yang pernah berkuasa di sana, yang kemudian digunakan secara resmi oleh kelompok-kelompok masyarakat yang tinggal setelah Kekaisaran Romawi.

Selain Jerman, salah satu negara yang juga memiliki kepala pemerintahan kanselir adalah Austria. Hal tersebut karena Jerman dan Austria memang berasal dari Kerajaan Prusia.

Jabatan kanselir ini akan dimiliki secara otomatis oleh kandidat yang sebelumnya diajukan partai pemenang dalam pemilu federal di Jerman. Sampai sekarang, terdapat 6 partai dengan tiga teratas adalah partai terkuat di Jerman, yaitu:

1. SPD (demokrat sosial) berideologi kiri progresif.
2. CSU (sosialis) berideologi kanan konservatif.
3. CDU (kristen demokrat) yang berkoalisi permanen bersama CSU.
4. FDP (demokrat liberal).
5. Bündnis 90/Die Grüne (kiri hijau).
6. Die Linke (berhaluan kiri) yang merupakan gambungan antara partai komunis dan pecahan SPD.

Baca Juga  Kota Besar di Jerman yang Wajib di Kunjungi

Parlemen di Jerman

Bagi masyarakat Jerman, parlemen dikenal dengan sebutan bundestag. Anggota yang ada di dalam bundestag berasal dari partai yang pemenang dalam pemerintahan dan tidak dipilih secara langsung oleh masyarakat.

Selain bundestag, terdapat juga bundestrat yang merupakan perwakilan dari masing-masing negara bagian di Jerman.

Secara administratif, Jerman adalah sebuah negara federasi atau gabungan antara negara bagian. Dalam istilahnya sendiri, disebut sebagai Bundesland. Hingga saat ini terdapat 13 negara bagian atau disebut Flächenland dan tiga kota setingkat negara bagian atau disebut Stadtstaaten/Stadtländer, yaitu sebagai berikut:

1. Rheinland-Pfalz
2. Saarland
3. Freistaat Sachsen
4. Sachsen-Anhalt
5. Schleswig-Holstein
6. Freistaat Thüringen
7. Baden-Württemberg
8. Freistaat Bayern atau Bavaria
9. Brandenburg
10. Hessen
11. Mecklenburg-Vorpommern
12. Niedersachsen
13. Nordrhein-Westfalen

14. Berlin
15. Bremen
16. Hamburg