Lowongan Kerja Perawat  – Kini banyak anak muda yang lebih memilih untuk bekerja ringan di luar negeri sebagai jalan untuk memperoleh pengalaman seusai kuliah atau untuk persiapan menempuh jenjang selanjutnya. Salah satu yang kini banyak dimasuki adalah lowongan kerja perawat di Jerman.

Freiwilliges Soziales Jahr

Lowongan kerja perawat yang dimaksud bukanlah perawat yang berurusan langsung dengan obat-obatan di rumah sakit, melainkan perawat di bidang sosial seperti lowongan kerja perawat untuk pelayanan disabilitas atau pun para lansia.

Perawat di bidang sosial ini termasuk ke dalam jenis pekerjaan sebagai FSJ atau Freiwilliges Soziales Jahr. Freiwilliges Soziales Jahr sendiri memiliki banyak cabang, tetapi dua cabang yang menerima pekerja dari luar Jerman adalah perawat lansia dan disabilitas.

Lowongan kerja perawat sebagai Freiwilliges Soziales Jahr di Jerman ini banyak dipilih anak muda karena memungkinkan kita untuk mendapat gaji yang lebih tinggi dibanding pekerjaan serupa lainnya. Selain itu, terdapat fasilitas yang lebih menguntungkan.

Tugas seorang Freiwilliges Soziales Jahr

Meskipun akan bertugas di panti jompo atau rumah disabilitas, namun pekerja Freiwilliges Soziales Jahr hanya bertugas untuk mendampingi. Bagian pekerjaan seperti membersihkan pakaian atau cek kesehatan bukanlah fokus utama.

Kita juga tidaka akan memasak atau membersihkan tempat tidur. Hal tersebut membedakan lowongan kerja perawat di Jerman ini dengan lowongan pembatu rumah tangga.

Namun, harus diingat bahwa eksploitasi kerja mungkin saja terjadi. Oleh sebab itu kita harus mencari penyalur yang jelas dan bertanggung jawab. Eksploitasi yang paling sering terjadi adalah kelebihan jam bekerja jika ditotal per minggunya.

Syarat Menjadi Freiwilliges Soziales Jahr

Syarat untuk mendaftar lowongan kerja perawat sebagai Freiwilliges Soziales Jahr ini tidak banyak, kecuali mengenai usia kerja, kesehatan, dan kemampuan komunikasi. Meskipun begitu, beberapa negara yang akan dituju akan memberikan peraturan imigrasi khusus.

Baca Juga  Kerja di Jerman Gratis sebagai Perawat FSJ

Karena tidak mengurusi hal-hal medis, maka persyaratan untuk mendaftar bekerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr ini juga tidak memerlukan pendidikan di bidang kesehatan. Seorang lulusan SMA juga diperbolehkan mendaftar, asalkan memiliki kemampuan bahasa tingkat dasar.

Kandidat yang paling dicari adalah anak-anak muda yang berusia 20 tahun hingga 26 tahun yang menyukai pekerjaan sosial. Selain itu, pencari lowongan kerja perawat juga harus bersedia menjalani kontrak satu tahun.

Lowongan kerja perawat Freiwilliges Soziales Jahr ini memang tidak diperuntukkan bagi mereka yang ingin karir berjenjang. Untuk menjadi FSJ, kita hanya akan bekerja selama 1 tahun atau maksimal 1,5 tahun.

Durasi kerja yang tidak lama tersebut yang justru dianggap menjadi keuntungan, karena artinya kita tidak akan terikat.

Fasilitas Freiwilliges Soziales Jahr

Seorang pekerja FSJ yang tidak akan bekerja melebihi 40 seminggu akan mendapat beberapa fasilitas selama di Jerman, yaitu berupa tempat tinggal terpisah dari panti jompo atau rumah disabilitas, gaji setidaknya 500 euro, dan biaya untuk pulang pergi ke negara asal.

Setiap pekerja akan memperoleh kartu identitas khusus yang dapat digunakan untuk masuk ke seminar-seminar penting di Eropa atau pun sekedar museum yang ada di Jerman. kita juga tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan sehari-hari karena akan ditanggung perusahaan.

Tapi dari semua fasilitas tersebut, pembelajaran bahasa Jerman adalah hal yang paling dirasakan oleh para pekerja Freiwilliges Soziales Jahr ini. beberapa testimoni mengatakan bahwa belajar memperdalam bahasa Jerman jauh lebih efektif ketika mengikuti program kerja Freiwilliges Soziales Jahr ini.