Kuliah Kedokteran di Jerman – Selain menjadi tempat tujuan mahasiswa yang ingin kuliah di bidang teknologi, ilmu sosial, dan ilmu alam, Jerman juga menjadi negara tujuan bagi mahasiswa kedokteran atau kesehatan. Hal itu karena beberapa universitas di Jerman diketahui memiliki mutu yang baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa tempat kuliah kedokteran di Jerman yang patut untuk dicari tahu lebih banyak, bagi kamu yang ingin mengambil kuliah kesehatan

1. University of Heidelberg

Tempat kuliah kedokteran di Jerman yang cukup bergengsi lainnya adalah University of Heidelberg. Universitas ini menyedia program jurusan Translational Medical Research (MScTMR).

2. University of Bonn

Tempat kuliah kedokteran di Jerman yang pertama ini memiliki dua program kesehatan. Masing-masing ditawarkan dalam dua jenjang yang berbeda, yaitu Master of Science di jurusan Medical Immunosciences and Infection dan jenjang Doctor di jurusan Philosophy in Medicine and Life Sciences.

3. Universitas Teknik Munich

Selain Universitas Boon di atas, salah satu universitas di Jerman yang menawarkan program jurusan kedokteran dan jurusan kesehatan terbaik di wilayah Eropa adalah Tecnical University of Munich. Universitas tersebut menawarkan satu jurusan kesehatan dalam jenjang Master of Science in Health Sciene, pada jurusan Prevention and Health Promotion.

4. Johannes Gutenberg University Mainz

Salah satu universitas yang kerap dijadikan pilihan utama oleh mahasiswa yang ingin kuliah kedokteran di Jerman adalah Universitas Johannes Gutenberg. Universitas yang mengambil nama sesuai dengan nama lokasinya ini, tersedia program jurusan Clinical Oriented untuk jenjang magister.

5. RWTH Aachen University

Program kesehatan yang ditawarkan oleh RWTH Aachen adalah jenjang magister untuk jurusan Computer Aided Conception and Production in Mechanical Engineering. Universitas ini diketahui memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki proyek penelitian tertentu.

Baca Juga  Persiapan dan Cara Kuliah di Jerman

6. Ludwig Maximilian University of Munich

Hingga sekarang terdapat dua program kesehatan yang ditawarkan oleh Universitas Ludwig Maximilian ini, keduanya tersedia dalam jenjang magister. Dua program yang dimaksud adalah Master of Science in Clinical and Genetic Epidemiology for Professionals dan juga Master of Science in Epidemiology.

7. Jacobs University

Universitas yang juga terkenal menjadi tempat pilihan kuliah kedokteran di Jerman ini terletak di Kota Bremen. Universitas ini menyediakan satu program jurusan kesehatan bagi mahasiswa internasional, yaitu B.Sc. in Medical Natural Sciences.

8. Karlsruhe Institute Of Technology

Institut Teknologi Karlsruhe ini menyediakan jurusan kuliah kedokteran di Jerman dalam jenjang doktoral, yaitu untuk jurusan BioInterfaces in Technology and Medicine Transdisciplinary.

9. University of Freiburg

Universitas ini menyediakan program kesehatan Clinical Psychology, Neurosciences and Rehabilitation Sciences untuk jenjang Master of Science (M.Sc.). Program jurusan tersebut dalam dimasuki oleh mahasiswa internasional.

10. Friedrich Alexander Universitat Erlangen Nurnberg

Salah satu tempat kuliah kedokteran di Jerman yang juga menjadi incaran banyak mahasiswa internasionala adalah Universitas Friedrich Alexander. Universitas ini menyediakan dua program jurusan untuk jenjang master, yaitu program Branch of Study Medical Imaging and Data Processing dan Master of Science untuk program Molecular Medicine.

Itulah tadi beberapa universitas yang menyediakan berbagai program kesehatan atau pun kedokteran. Penting untuk mencari informasi lebih banyak, terutama mata kuliah yang nantinya akan diberikan selama pembelajaran.

Adapun mengenai peringkat universitas yang menyediakan program jurusan tersebut tidak perlu kamu risaukan. Universitas-universitas di jerman memiliki kualitas satu sama lain yang tidak terlalu jomplang.