Kuliah di Jerman kini banyak diminati oleh mahasiswa dari berbagai negara. Selain karena mutu yang terjamin, jerman adalah salah satu negara di Eropa yang menggratiskan biaya kuliah.

Berikut ini adalah uraian lebih jelas mengenai pendidikan di Jerman(kuliah di Jerman, biaya kuliah di Jerman, syarat kuliah di Jerman, jurusan kuliah di Jerman).

Biaya Kuliah di Jerman

Hampir semua universitas di Jerman menerapkan kebijakan untuk membebaskan biaya bagi mahasiswa, baik mahasiswa lokal atau pun internasional.

Dengan begitu, kita tidak perlu memikirkan uang kuliah(kuliah di Jerman, biaya kuliah di Jerman, syarat kuliah di Jerman, jurusan kuliah di Jerman).

Namun, khusus untuk universitas di daerah Baden-W├╝rttemberg, mahasiswa internasional akan dikenakan biaya kuliah sebesar 1500 euro per semester.

1. Biaya Jaminan Visa Studi

Jumlah uang yang akan kita butuhkan ketika kuliah di Jerman adalah untuk jaminan visa studi. Jumlahnya tidak kurang dari 8000 euro. Meskipun begitu, uang sebanyak ini tidak akan kita bayarkan.

Kita hanya cukup menunjukkannya sebagai bukti mampu untuk membiayai hidup. Artinya, bisa kita utuhkan sampai selesai kuliah. Oleh karena itu, tidak jarang mahasiswa yang menggunakan uang pinjaman untuk keperluan ini.

2. Biaya Student Card

Biaya rutin yang harus dibayarkan oleh mahasiswa di Jerman setiap semester adalah biaya untuk kartu fasilitas umum, semacam student card. Kartu ini harus kita charge setiap semester sehingga nantinya dapat digunakan sebagai tiket fasilitas umum di sekitar kampus.

Biaya untuk charge student card ini akan bergantung pada letak dan kelengkapan fasilitas di sekitar kampus. Namun, bila dirata-rata, jumlahnya adalah sebesar 250 euro per semester. Digunakan atau tidak, uang charge tersebut akan hangus.

Baca Juga  Universitas Kedokteran di Jerman

3. Asuransi Kesehatan

Selain student card, biaya yang pasti akan hangus walaupun tidak digunakan adalah asuransi kesehatan. Kita wajib mendaftar asuransi kesehatan di Jerman karena juga akan menjadi syarat permohonan residence permit.

Jumlah biaya yang harus kita keluarkan untuk asuransi kesehatan ini adalah sekitar 80 euro per bulan.

4. Sewa Tempat Tinggal

Tempat tinggal penting untuk dipikirkan ketika jauh dari rumah. Jangan sampai tertipu meninggali tempat yang tidak nyaman.

Harga sewa tempat tinggal di Jerman tentu bergantung lokasinya. Jika dirata-rata, maka biaya yang akan dikeluarkan mahasiswa untuk ini adalah sebesar 210 euro per bulan. Itu belum termasuk tagihan listrik, internet, dan telepon yang bisa menghabiskan 100 euro.

Syarat Kuliah di Jerman

Persyaratan kuliah di Jerman sebenarnya tidak teralu jauh berbeda dari universitas di Indonesia. Meskipun begitu, memang ada beberapa yang pastinya asing, yaitu berkas yang menyangkut kewarganegaraan.

Berikut ini adalah beberapa berkas sebagai persyaratan(kuliah di Jerman, biaya kuliah di Jerman, syarat kuliah di Jerman, jurusan kuliah di Jerman).

1. Memiliki Visa dan Residence Permit

Kita harus menghubungi kedutaan besar Jerman untuk Indonesia di Jakarta guna mengurus ini.

2. Memiliki Jaminan Visa Studi

Untuk sampai di Jerman sebagai pelajar, kita diwajibkan memberi bukti kepemilikan uang sebesar 8000 euro di dalam rekening yang berakun bank Jerman. uang tersebut harus dalam jumlah yang sama setiap perpanjangan visa tiba.

Hochschulzugangsberechtigung

Ini adalah semacam kualifikasi penerimaan universitas atau tanda bahwa kita memang telah sampai di jenjang pendidikan setelah SMA.

3. Menunjukan Sertifikat Kemampuan Berbahasa Jerman

Selain mahasiswa program internasional, maka akan diwajibkan untuk memiliki tanda kecakapan berbahasa Jerman dengan standar tertentu.

Baca Juga  Gambaran Singkat Sistem Pendidikan di Jerman

4. Mendaftar Asuransi Kesehatan di Jerman

Asuransi kesehatan menjadi penting karena akan menjadi persyaratan untuk mendapatkan berkas lain, seperti residence permit.

5. Mengikuti Aptitude Test

Kita diharuskan untuk mengikuti Test for Foreign Students yang berfungsi untuk mengetahui apakah kita benar-benar mampu menjalani kuliah dengan jurusan tersebut. Kamu yang kuliah karena terpaksa pasti akan gagal di sini.