Kerja di Jerman – Salah satu cara supaya kita dapat mengetahui lebih banyak mengenai bahasa dan kebudayaan Jerman, tentu akan lebih baik apabila kita datang langsung negara tersebut. Namun, biaya hidup sehari-hari selama belajar kebudayaan sehari-hari di sana kerap menjadi ganjalan.

Seperti yang sudah diketahui umum, Jerman memang menerapkan mata uang euro untuk bertransaksi sehari-hari. Mata uang yang memang umum digunakan oleh negara di Eropa tersebut cukup tinggi nilainya apabila dikonversikan dalam mata uang rupiah. Akan tetapi, kita bisa mengakalinya dengan mendaftar pekerjaan ringan atau kerja di Jerman untuk anak muda.

Ada beberapa macam kerja di Jerman yang bisa kita ambil sebagai “alasan” kita pergi ke sana. Kerja di Jerman yang dimaksud adalah pekerjaan-pekerjaan yang tidak mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya pendaftaran, kelelahan dengan tugas pekerjaan, dan tinggi resiko.

Beberapa jenis kerja di Jerman ini juga memungkinkan kita untuk menggunakan sedikit waktu bekerja dan lebih banyak waktu luang, sehingga dapat digunakan untuk belajar bahasa atau pun mengamati budaya Jerman.

Sahabat, berikut ini merupakan beberapa jenis kerja di Jerman yang bisa kita coba.

Freiwilliges Soziales Jahr

Bagi kita yang menginginkan pekerjaan dengan gaji tinggi, dibandingkan dengan pekerjaan ringan serupa, dan tidak keberatan dengan urusan pelayanan ekstra, maka Freiwilliges Soziales Jahr ini bisa menjadi pilihan pekerjaan yang tepat.

Freiwilliges Soziales Jahr merupakan sebuah jenis kerja di Jerman yang bisa disebut sebagai voluntir atau sukarela di bidang sosial. Jerman memang terkenal sebagai salah satu negara yang membuka lowongan banyak untuk para pekerja Freiwilliges Soziales Jahr dari luar negara.

Beberapa bidang sosial yang termasuk ke dalam Freiwilliges Soziales Jahr ini adalah seperti pelayanan terhadap orang-orang tua di panti jompo dan pelayanan bagi anak-anak penyandang disabilitas.

Baca Juga  11 Ciri Khas Negara Jerman

Kerja di Jerman sebagai Freiwilliges Soziales akan mendapatkan fasilitas-fasilitas seperti tempat tinggal di luar panti, gaji bulanan sebesar 300 – 500 euro, dan kartu identitas khusus yang dapat digunakan untuk masuk fasilitas umum.

Aupair

Apabila kita ingin memilih kerja di Jerman yang lebih ringan ketimbang jenis pekerjaan sebelumnya, kita dapat memilih aupair ini. Namun, sayangnya gaji yang akan didapatkan setiap bulannya juga lebih rendah, yaitu hanya sekitar 260 euro saja.

Aupair adalah jenis kerja di Jerman yang lebih mirip dengan keluarga angkat atau Homestay. Para remaja berusia 18 hingga 26 tahun mendaftarkan diri untuk datang ke Jerman dan akan tinggal bersama sebuah keluarga. Di dalam keluarga angkat tersebut, seorang pekerja aupair akan mengerjakan beberapa tugas ringan.

Tugas-tugas yang harus ditangani oleh seorang pekerja aupair tidak akan jauh dari keperluan anak-anak, seperti menghantar dan menjemput anak dari sekolah atau pun menyiapkan sarapan pagi.

Selama setahun menjadi pekerja aupair, fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan adalah seperti pelatihan bahasa Jerman, tempat tinggal bersama keluarga, tanggungan makanan dan kebutuhan sehari-hari, serta uang transportasi pulang ke negara asal.

Ausbildung

Apabila kita ingin mengenal Jerman lebih banyak dari sisi formal atau pun non foramal, kita bisa mencoba ausbildung ini.

Ausbildung dapat dianggap sebagai sebuah cabang pendidikan di Jerman yang memungkinkan para siswa untuk hanya masuk ke dalam kelas sebanyak 2 hari dalam seminggu. Sementara itu, sisa hari dalam seminggu tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengambil pekerjaan di perusahaan tertentu.

Salah satu jenis kerja di Jerman yang ini memang lebih mirip dengan magang. Tidak heran jika azubi kebanyakan adala para remaja berusia 18 tahun hingga 27 tahun yang memang menginginkan karir.

Baca Juga  Kerja di Jerman Gratis sebagai Perawat FSJ

Gaji magang selama menjadi azubi adalah sebanyak 370 euro setiap bulan. Gaji tersebut akan meningkat sebanyak 10% setiap tahunnya. Padahal, kita bisa mengambil masa ausbildung ini lebih dari 1 tahun.