Keadaan Alam Jerman – Meskipun Jerman adalah negara yang banyak mengedepankan industri mesin dan hal-hal yang berbau teknologi, tidak bisa dipungkiri bahwa warganya memang masih cenderung teknofobik. Sisi baiknya adalah pada keadaan alam Jerman, masyarakatnya lebih suka menikmati alam ketimbang teknologi.

Hari Minggu di Jerman biasa digunakan oleh masyarakat untuk hari tenang. Mereka tidak pergi berlibur jauh, tetapi hanya sekedar bersepeda di sekitar rumah atau taman terdekat. Kebiasaan orang Jerman memakai sepeda juga mempengaruhi keadaan alam Jerman terawat.

Karakteristik Alam Jerman

Jerman terdiri dari 13 negara bagian dan 3 kota setara negara bagian, yang tentunya masing-masing memiliki nuansa alam yang berbeda. Apalagi, ada daerah Jerman yang dekat dengan Pegunungan Alpen dan ada yang jauh.

Bagian utara Jerman berisi pantai yang terjaga. Kawasan ini adalah rumah bagi berbagai jenis burung untuk menetap dan bermigrasi. Sementara di bagian selatan Jerman, berisi bukit-bukit dan hutan, adalah rumah bagi kucing liar, babi hutan, ibex, dan mamalia besar lainnya.

Keberagaman Penampakan Alam di Jerman

Bentang alam di Jerman sangat beragam, mulai dari pemandangan Laut Wadden di Laut Utara hingga pemandangan berbatu di daerah Pegunungan Alpen. Negara Jerman memiliki setidaknya 858 lanskap dengan 24 tipe yang berbeda.

Semua itu masih terjaga dengan baik dan tidak dialihfungsikan menjadi kawasan hunian, meskipun Jerman juga memiliki penduduk yang tidak sedikit. Jerman adalah negara berpopulasi salah satu yang terbesar di Eropa.

Banyak Hutan di Jerman

Baik masyarakat Jerman di kota atau pun di desa sama-sama bersedia menjaga alam. Hal ini juga yang membuat ada banyak taman-taman kecil di berbagai titik. Dampak yang lebih besar ditimbulkan dari ini adalah terjaganya keadaan alam, keseimbangan iklim, dan membuat banyak varietas terjaga bagi daratan Eropa.

Baca Juga  Lambang Negara dan Jumlah Penduduk Jerman Terbaru

Jerman berhasil mempertahankan sekitar 31 persen dari total wilayah tanahnya untuk kawasan hutan. Di luar itu, masih ada beberapa taman dan tempat bermain (bukan berbangunan) yang tersedia.

Salah satu hutan yang paling terkenal di Jerman, dan menjadi andalan kawasan Eropa, adalah Black Forest. Kawasan hutan yang sangat lebat ini tetap tidak rusak hingga saat ini.

Selain hutan, ada 2 persen dari total wilayah daratannya yang merupakan wilayah perairan alam seperti danau dan sungai. Salah satu sungai terpenting di wilayah Eropa, yaitu Sungai Rhein, juga masih sangat terjaga di Jerman.

Taman Alami di Jerman

Terjaganya keadaan alam Jerman dipengaruhi oleh perilaku masyarakatnya dan juga kebijakan pemerintah yang mudah meresmikan daerah menjadi kawasan alami yang dilindungi. Jerman memiliki BnatSchG atau undang-undang konservasi alam federal.

Ada sekitar 98 taman alam besar yang bisa dikunjungi di Jerman. Jika ditambah tempat-tempat yang belum diresmikan, jumlahnya bisa lebih banyak dari itu. jumlah tersebut juga tidak termasuk taman buatan yang ada di perkotaan.

Taman-taman alam di Jerman tersebut memiliki karakteristik berbeda antara satu dengan yang lain. ada yang merupakan bukit bersabana, ada danau yang dikelilingi semak, ada pula kastil-kastil yang memiliki halaman luas.

Beberapa taman alami yang menjadi bukti keadaan alam Jerman tetap terjaga di antaranya yang paling terkenal adalah Altmühl Valley Nature Park, Arnsberg Forest, Augsburg-Western Woods, Aukrug, Barnim, dan Bavarian Rhön.

Itulah tadi uraian mengenai keadaan alam Jerman. Tidak hanya bagi masyarakat Indonesia, ada banyak bangsa di dunia yang memang harus mencotoh Jerman dalam hidup menjaga alam.