Karakter Orang Jerman – Berdasarkan pandangan tertentu, setiap bangsa memiliki kebiasaannya sendiri, termasuk bagi masyarakat Jerman. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan orang Jerman, karakter orang Jerman, yang berbeda dengan bangsa lain dan bahkan bertolak belakang dengan kebiasaan masyarakat Indonesia.

1. Terbiasa Berterusterang atau Membicarakan Hal Penting

Banyak masyarakat dari berbagai bangsa yang terbiasa menggunakan basa-basi untuk bertutur, tapi tidak bagi kebanyakan orang Jerman. Kebiasaan orang Jerman, karakter orang Jerman, adalah mengungkapkan sesuatu secara literal dan langsung.

Bagi sebagian kebudayaan masyarakat, cara berlisan masyarakat Jerman ini mungkin akan terasa tidak sopan, tetapi orang Jerman lebih menghargai waktu ketimbang berbelit-belit.

Contoh, ketika orang Jerman bertemu dengan orang Inggris dan memungkinkan untuk saling mengobrol, orang Jerman tersebut akan langsung bertanya secara terus terang “kenapa Inggris melakukan Brexit?” tanpa menanyakan hal sepele terlebih dahulu supaya lebih akrab.

2. Berani Menegur Kesalahan Secara Langsung

Tidak sedikit warga asing yang kaget ketika pertama kali datang ke Jerman dan bersosialisai dengan masyarakat asli di sana. Pasalnya, apabila kita melakukan sesuatu yang dianggap tidak benar di sana, maka kita akan ditegur secara langsung.

Contohnya, apabila ada anak yang berdiri di kursi bus ketika masih menggunakan sepatu, maka siapa pun tidak akan segan untuk menyuruh anak kita turun tanpa memberi peringatan terlebih dahulu pada orangtuanya.

Akan tetapi, serupa seperti di negara-negara lain, tingkat individualitas di kota besar Jerman seperti Berlin sudah menurun sehingga jarang ada kebiasaan orang Jerman saling mengoreksi seperti itu.

3. Sifat Teknofobik

Siapa sangka meskipun Negara Jerman menjadi salah satu negara yang dikenal telah menyumbang banyak pada kemajuan teknologi dunia, ternyata kebiasaan orang Jerman, karakter orang Jerman, adalah teknofobik.

Baca Juga  Visa Jerman Schengen dan Nasional

Masyarakat Jerman terbiasa membayar secara tunai ketimbang kartu kredit atau debit. Jika kita berencana makan di restoran, bahkan restoran besar sekali pun, maka kita harus menyiapkan uang tunai karena tidak semuanya melayani pembayaran dengan kartu.

4. Kualitas Pelayanan Jasa dinilai Kurang Baik

Meski tidak semuanya, tetapi kebanyakan jasa dan pelayanan yang ada di Jerman tidak sememuaskan jika dibandingkan yang ada di negara-negara lain. Bahkan, kita perlu hati-hati apabila makan di rumah makan atau menggunakan jasa yang bersifat pribadi atau tidak melibatkan pelanggan banyak dalam sekali waktu.

Perlu diketahui bahwa di Jerman tidak berlaku prinsip “pelanggan selalu benar” atau “tamu adalah raja” seperti yang biasa diterapkan oleh masyarakat Indonesia.

5. Biasa Merokok dalam Ruangan

Apabila lazimnya kita akan memilih merokok di luar ruangan, maka berbeda dengan kebiasaan orang Jerman, karakter orang Jerman. Masyarakat Jerman akan lebih sering merokok di dalam ruangan dan justru melakukan aktivitas lainnya di luar ruangan.

Meskipun masing-masing negara bagian di Jerman memiliki peraturan lokal soal merokok, sebenarnya larangan merokok di negara tersebut tidak terlalu ketat.

6. Kasar dalam Memandang Ras

Negara Jerman adalah salah satu negara yang paling banyak didatangi oleh imigran dari berbagai negara asal. Status imigran tidak hanya disandang bagi seseorang yang baru sebulan dua bulan datang, tetapi akan digunakan sumur hidup oleh seseorang yang bersangkutan.

Lazimnya, imigran Turki tetap akan disebut sebagai “orang Turki”. Bahkan seorang Mezut Ozil yang banyak mengharumkan nama Jerman dalam prestasinya di dunia sepak bola tetap diungkit statusnya yang merupakan keturunan imigran.

7. Tidak Terlalu Mudah Bersosialisasi

Masyarakat Jerman adalah salah satu komunitas yang termasuk cukup sulit membaur pada orang-orang baru atau orang asing. Kebiasaan orang Jerman, karakter orang Jerman, inilah yang kadang-kadang membuat mahasiswa internasional kesulitan memiliki teman tanpa mendaftar sebuah komunitas tertentu.

Baca Juga  Profil Ibukota Negara Jerman

Bahkan, laman-laman sosial media orang Jerman umumnya juga tidak terhubung dengan banyak akun lain. Di sosial media facebook misalnya, orang-orang di Jerman normalnya hanya akan memiliki beberapa teman saja.

Itulah tadi beberapa kebiasaan orang Jerman, karakter orang Jerman,. Meskipun kebiasaan orang Jerman, karakter orang Jerman, tidak sesuai dengan kita tetapi itu bukan suatu kesalahan karena setiap bangsa memiliki kebiasaannya sendiri.