Julukan Negara Jerman – Sebagai negara yang besar, Jerman tentu memiliki berbagai julukan. Hal itu karena Jerman memiliki keunggulan di berbagai bidang. Dengan keunggulan dan sejarah yang panjang, Jerman memiliki begitu banyak julukan.

Nama Jerman sendiri adalah padanan dalam bahasa Melayu yang mengadopsi penyebutan dalam bahasa Inggris, yaitu Germany. Nama tersebut berasal dari penyebutan orang Romawi untuk orang-orang di sekitar sungai Rhein, yaitu Germania. Padahal, bagi bangsa Jerman sendiri, negara mereka disebut Deutschland.

Selain memilik nama yang banyak, tergantung penyebutan oleh sebuah bangsa di sekitar Jerman, negara ini juga memiliki beberapa julukan yang berdasar pada hal tertentu.

1. Julukan Negara Jerman sebagai Negara Hitler

Pada dasarnya, Jerman dijuluki sebagai Negeri Hitler/Nazi. Hal tersebut tersemat karena Adolf Hiler (seorang politisi Jerman) pernah menjadi ketua Partai Nazi yang menguasai Jerman ketika masa Perang Dunia 2 di Eropa.
Di bawah kepemimpinan Hitler, Jerman menjadi negara yang kuat namun dinilai melakukan banyak pelanggaran. Seiring berjalannya waktu, Jerman memiliki banyak julukan-julukan yang didasarkan dari berbagai hal, seperti kebiasaan masyarakatnya atau penemuan yang berkembang di sana.

2. Julukan Negara Jerman sebagai Negeri Panzer

Jerman dijuluki sebagai Negeri Panzer. Hal itu karena Jerman sangat terkenal dengan kendaraan perang yang diproduksinya ketika perang dunia kedua. Pada masa itu, Panzer menjadi kendaraan yang dianggap “istimewa” karena kemampuannya menembus medan perang.

3. Julukan Negara Jerman sebagai Negeri Beer

Tidak melulu pada dunia militer dan pilitik, Jerman juga memiliki julukan sebagai Negeri Beer. Hal tersebut karena minuman beer sangat akrab dengan masyarakat Jerman. Bahkan, di Bavaria, beer dianggap sebagai makanan pokok yang bisa dikonsumsi ketika sarapan.

Baca Juga  Bentuk Pemerintahan Jerman Terbaru

Kegemaran masyarakat Jerman mengonsumsi beer dilanjutkan dengan festival meminum beer gratis sepuasnya yang bisa dicoba pengunjung setiap bulan Oktober, yaitu dalam Octofest.

4. Julukan Negara Jerman sebagai Negara Industri

Juga ada julukan Jerman sebagai negara industri alat-alat berat karena di beberapa kota di Jerman memiliki industri yang memproduksi pesawat terbang, kapal laut, kapal selam, dan bahan-bahan kimia.

5. Julukan Negara Jerman sebagai Negara Penyair dan Pemikir

Jerman disebut juga sebagai Das Land der Dichter und Denker atau yang berarti ‘negara penyair dan pemikir‘. Hal tersebut memang sangat beralasan karena banyaknya tokoh pemikir dan seniman sastra yang berasal dari Jerman, seperti Albert Einstein dan Goethe.

6. Julukan Jerman sebagai Tanah Teutons

Ada juga yang menyebut Jerman sebagai The Land of the Teutons. Teutons sendiri adalah sebutan untuk seorang anggota dari orang-orang yang menempati di Jutland pada abad ke-4 SM dan bertempur melawan orang-orang Romawi di Perancis pada abad ke-2 SM.

7. Julukan Outre-Rhin dari bangsa Perancis

Bagi orang Perancis, yang memang memiliki hubungan tersendiri dengan bangsa Jerman, memberi Jerman julukan sebagai Across the Rhine atau Outre-Rhin. Rhine sendiri adalah nama sebuah sungai di Eropa Barat yang berasal dari di Pegunungan Alpen Swiss dan mengalir sejauh 1.320 km ke arah Laut Utara.

Sungai tersebut membentuk perbatasan Jerman-Swiss sebelum mengalir melalui Jerman dan Belanda. Dalam nama Perancis, sungai ini disebut sebagai Rhin.

Itulah tadi uraian mengenai beberapa julukan bagi Negara Jerman. sebenarnya masih banyak sebutan-sebutan lain yang merujuk pada Negara Jerman, seperti misalnya Negri Kastil, karena di tanah tersebut berdiri banyak sekali kastil dari berbagai zaman.

Baca Juga  Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman yang Benar