Iklim di Jerman – Jerman adalah salah satu negara yang terletak cukup jauh dari garis katulistiwa dan juga tidak dekat dengan titik kutub. Hal ini membuat Jerman tidak memiliki iklim yang sangat ekstrem seperti. Keadaan geografis Jerman juga turut menentukan bagaimana iklim di masing-masing negara bagian di Jerman.

Kondisi Iklim di Negara Jerman

Negara Jerman tentu saja memiliki iklim yang lebih dingin apabila dibanding dengan Negara tropis seperti Indonesia, sama seperti dengan iklim kebanyakan negara-negara di Eropa. Akan tetapi, iklim Jerman tidak cukup dingin jika dibandingkan negara lain di Eropa.

Kebanyakan negara-negara di wilayah Eropa memiliki iklim yang dingin, bahkan beberapa negara memiliki iklim yang sangat ekstrem. Akan tetapi, iklim di Jerman tercatat selalu terjadi cukup sedang. Karena hal itulah tidak heran apabila di negara ini, sektor pertanian lebih bisa diandalkan.

Ketika tiba bulan Juli, lazimnya suhu maksimum rata-rata yang terjadi di Negara Jerman hanya berada pada angka 21,8 derajat Celsius, sementara suhu minimum rata-ratanya adalah pada 12,3 derajat Celsius saja. Pada bulan Januari, lazimnya suhu maksimum rata-rata yang terjadi adalah sekitar 2,1 derajat celcius dan suhu minimum yang umum terjadi adalah sekitar -2,8 derajat.

Apabila melihat catatan sejarah, suhu tertinggi yang pernah terjadi di Jerman, yaitu pada tanggal 5 Juli 2015, suhu tertinggi yang terjadi adalah sekitar 40,3 derajat Celsius. Ketika itu, suhu panas tersebut terjadi di lingkup wilayah Kitzingen am Main.

Faktor Keseimbangan

Untuk masyarakat yang ada di wilayah Eropa, Negara Jerman dikenal sebagai salah satu negara yang sangat baik dalam menjaga iklim. Iklim di Jerman dinilai oleh masyarakat tidak mengalami banyak perubahan atau relatif seimbang. Hal itu disebabkan salah satunya adalah karena kepedulian warga yang baik dan perhatian pemerintahnya pada iklim yang tidak main-main.

Baca Juga  FSJ di Jerman untuk Anak Muda Indonesia

 

Diluar lingkup nasional atau wilayah Eropa, dalam lingkungan internasional Jerman juga merupakan negara yang menjadi salah satu pelopor pelindungan iklim dan bahkan menjadi perintis pemanfaatan energi terbarukan. Salah satu konsep paling konkret yang sudah mereka lakukan adalah dengan menghentikan penggunaan berbagai mesin energi tidak ramah lingkungan.

Selain itu, salah satu kebijakan paling penting yang mereka lakukan adalah memulai proses meninggalkan pemanfaatan tenaga nuklir sebagai penghasil energi. Langkah tersebut merupakan salah satu kebijakan terpuji yang dilakukan oleh negara penghasil mobil-mobil mewah di saat banyak negara masih memulai membangun pemanfaatan tenaga nuklir.

Tindakan disiplin dalam pemantauan iklim di Jerman juga menjadi salah satu yang terpenting karena Jerman merupakan negara yang memberi nilai dan keanekaragaman hidup banyak sekali varietas di daratan Eropa. Bagi masyarakat negara itu sendiri, hal tersebut sangat menguntungkan karena kota-kota menarik dan bentang alam yang berbeda-beda seperti Laut Utara atau Pegunungan Alpen akan dapat digunakan untuk memikat banyak pengunjung datang.

Bentang alam Negara Jerman yang masih terawat memang salah satu andalah pariwisata negara tersebut dan menjadikannya disukai tidak hanya karena kota-kota yang merupakan cagar alam, tetapi juga karena cagar biosfer yang tetap terjaga dengan baik.

Itulah tadi uraian menganai kondisi iklim di Jerman. Pastikan untuk mengetahui kondisi iklim di negara tersebut sebelum memutuskan untuk berlibur. Sebagai warga negara tropis, kita mungkin akan memilih Jerman ketika dingin, tetapi jangan salah karena pada musim panas di sana terdapat banyak festival.