Hidup di Perancis – Selain sebagai pusat hiburan dan belanja ternama di dunia, Perancis kini juga menjadi salah satu negara di Eropa yang dipercaya kualitas pendidikannya. Oleh sebab itu, tidak salah apabila kini semakin banyak mahasiswa yang datang dari berbagai negara menuju negara tersebut.

Daya tarik lain yang membuat Perancis menjadi incaran mahasiswa adalah karena biaya pendidikan di Perancis yang tergolong murah dibanding negara Eropa lainnya. Hal itu ditambah kebijakan-kebijakan pemerintahnya yang menguntungkan pelajar atau mahasiswa.

Walaupun begitu, murahnya biaya pendidikan di Perancis masih kerap menjadi hal meragukan bagi mahasiswa yang berasal dari asia, terutama dari Indonesia. Apa lagi kalau bukan karena Perancis menggunakan mata uang Euro, yang memiliki konversi cukup tinggi terhadap mata uang rupiah.

Biaya Hidup di Perancis Lebih Murah sebagai Mahasiswa

Sebagai warga asing atau pendatang sementara waktu di Perancis, biaya hidup yang ditanggung akan sangat bergantung pada status yang kita miliki. Seorang mahasiswa, pekerja profesional, atau pun kunjungan wisata akan memiliki biaya hidup yang berbeda.

Biaya hidup di Perancis dengan status mahasiswa jauh lebih murah ketimbang seseorang yang tidak memiliki kartu identitas mahasiswa atau pelajar. Dengan menunjukan kartu identitas sebagai seorang mahasiswa, maka kita akan mendapat potongan-potongan harga di beberapa fasilitas umum, seperti kantin umum atau di pusat perbelanjaan di Perancis.

Biaya Kuliah Mahasiswa Internasional

Biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan juga tergantung dari tingkatan atau jenjang pendidikan yang kita tempuh. Tidak jauh berbeda dengan sistem pembiayaan kuliah di Indonesia, biaya kuliah di institusi negeri dan swasta Perancis juga akan berbeda.

Sebelumnya, harus diketahui bahwa sebenarnya kuliah tingkat baklor di Perancis tidak dipungut biaya, meskipun akan masih ada biaya-biaya kecil.

Baca Juga  Kebudayaan Negara Perancis di Berbagai Bidang

Sebagai seorang mahasiswa yang kuliah di universitas negeri Perancis, biaya kuliah dasar yang harus dikeluarkan adalah sekitar €185 per tahun untuk tingkat Bachelor. Sementara itu, biaya sebesar €250 per tahun harus dikeluarkan untuk tingkat Master, dan sekitar €390 per tahun untuk pembiayaan kuliah tingkat doctoral.

Besaran biaya tersebut belum termasuk beberapa biaya tambahan, yang akan bergantung pada program studi yang ditempuh. Pada umumnya, jurusan teknik memiliki biaya tambahan yang lebih mahal dibanding dengan beberapa jurusan lainnya.

Sementara bagi mahasiswa yang kuliah di universitas swasta di Perancis, jurusan bisnis misalnya, rata-rata akan dikenai biaya kuliah sebesar €1.500-€1.600 atau sekitar 25-27 juta rupiah setiap tahunnya. Jumlah tersebut merupakan pembiayaan untuk jurusan bisnis di universitas bisnis.

Harus diketahui bahwa mahasiswa yang menempuh jurusan bisnis di universitas non bisnis akan dikenai biaya yang lebih mahal, yaitu sekitar €4.500-€7.000 atau sekitar 75-116 juta rupiah setiap tahunnya.

Sebagai mahasiswa internasional, masih ada biaya untuk asuransi kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sama seperti negara-negara Eropa lainnya, Pemerintah Perancis juga mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki bukti asuransi kesehatan yang dibuat di Perancis, seharga sekitar €210 per bulan.

Biaya Kebutuhan Sehari-Hari

Beberapa pembiayaan pendidikan di Perancis tentunya dapat kita akali dengan mendaftar beasiswa. Akan tetapi, pengeluaran yang harus dipersiapkan justru pada biaya hidup di Perancis atau kebutuhan sehari-hari selama beraktivitas di sana. Meskipun ada beberapa beasiswa yang juga bersedia menanggung kebutuhan hidup secara penuh, akan tetapi tetap saja sebaiknya kita mengatur pengeluaran.

Untuk perencanaan biaya hidup di Perancis mula-mula biaya yang harus kita siapkan adalah biaya untuk akomodasi setiap bulannya, rata-rata sekitar €250-€700. Hal itu tentu akan bergantung pada gaya hidup dan sebesar apa beasiswa memberi subsidi pada kebutuhan harian kita.

Baca Juga  Perempuan Pertama sebagai Menteri Pendidikan Perancis

Jika dirata-rata, biaya hidup di Perancis untuk kebutuhan sehari-hari seperti membeli makanan, membayar transportasi umum, dan menghadiri pertunjukan budaya atau komunitas, maka kita memerlukan biaya sekitar €350-€500 setiap bulannya.

Itulah tadi gambaran sederhana mengenai biaya hidup di Perancis. Untuk memperoleh informasi lebih banyak mengenai hal-hal unik di Perancis, kamu bisa membuka website virtueducation.org