Berikut ini adalah beberapa fakta Jerman berdasarkan beberapa hal, seperti makanan khas dan tersisanya masyarakat kepercayaan yahudi di sana.

1. Nama Negara

Nama Jerman hanya dikenal oleh bangsa Indonesia saja, nama tersebut berasal dari pengadobsian dari bahasa Inggris, yaitu “Germany”. Sementara di Spanyol, Arab, Perancis, Swiss, Australia, negara ini dinamai Allemania.

Berbeda lagi dengan bangsa Finlandia yang menyebutnya Saksa, bangsa Italia yang menyebutnya Tedesco, bangsa Polandia yang menyebutnya Niemcy, dan negara-negara di daerah Skandinavia yang menamai Jerman sebagai Tyskland.

2. Wilayah dan Penduduk

Fakta Jerman lainnya adalah bahwa luasnya yang hanya sekitar dua kali lipat Pulau Jawa. Akan tetapi, jumlah penduduknya mencapai 82 juta orang menjadikan negara ini menjadu terpadat di Eropa.

Kebanyakan dari penduduk Jerman adalah pendatang atau imigran. Negara Jerman bahkan menjadi nomor 3 sebagai negara terbanyak di dunia yang menerima imigran dari berbagai negara lainnya.

3. Peraturan Unik

Banyak sekali peraturan unik yang awalnya dibuat berdasar pada hak asasi manusia, misalnya adalah peraturan mengenai seseorang yang melarikan diri dari penjara bukanlah termasuk tindakan kriminal.

Fakta Jerman mengenai surat izin ini tidak hanya untuk surat izin mengemudi, beberapa surat izin lain yang berlaku di Jerman adalah surat izin membuat pagar apabila harus memotong pohon, surat izin memancing, dsb.

Jalan tol di Jerman tidak mempunyai batasan kecepatan, sehingga kita bisa maksimalkan kecepatan maksimal. Namun, apabila kita tersebut kehabisan bahan bakar di tengah jalan tol, maka akan ada hukuman berupa denda dan penahanan SIM.

4. Negara buku

Sebagai negara pertama kali yang mencetak buku di dunia, hingga saat ini fakta Jerman masih menjadi negara pencetak buku paling banyak tiap tahunnya apabila dihitung dari judul yang dikeluarkan. Sekitar 94.000 judul buku yang diterbitkan setiap tahunnya di Jerman.

Baca Juga  Keadaan Alam Jerman yang Asri

5. Bahasa dengan 35 dialek

Fakta Jerman dalam bahasa adalah bahwa bahasa yang juga banyak digunakan oleh negara-negara sekitar Jerman ini, memiliki setidaknya 35 dialek. Oleh karena itu, perhitungkan lah ketika akan belajar bahasa Jerman dengan benar, pastikan sesuai dengan kebutuhan.

6. Negara produksi roti dan bir

Dunia mengenal oktofest di Bavaria Jerman, yaitu sebuah festival minum bir setiap bulan Oktober. Festival itu memang mengukuhkan Jerman sebagai negara tempat asal lebih dari 1500 jenis bir.

Selain bir, dahulu orang-orang di Jerman pernah membuat tiruan minuman Coca Cola menggunakan sari-sari apel. Minuman coca cola gagal tersebut, yang kini dikenal sebagai Fanta, tercatat dikonsumsi lebih dari 130 juta orang setiap harinya.

Fakta Jerman lain mengenai kuliner adalah negara yang sejak dulu dikenal sebagai negara penghasil roti terbaik di Eropa. Salah satu roti yang sangat fenomenal dari Jerman adalah roti pita, roti khas Eropa. Mengiringi roti sebagai makanan pokok masyarakatnya, Jerman juga memiliki 1000 jenis sosis berbeda yang hingga sekarang masih terus diproduksi.

7. Pendidikan Gratis hingga Kuliah

Sebagai negara yang dikenal melahirkan tokoh-tokoh pemikir, pendidikan Jerman memang sangat ramah bagi pelajar. Hal itu terbukti dengan kebijakan bebas biaya bagi semua orang yang akan menempuh jenjang baklor atau di bawahnya.

8. Agama

Sepertiga populasi Jerman adalah Penganut Agama Kristen, baik Katolik ataupun Protestan. Wilayah utara merupakan basis para penganut Kristen Protestan, sementara orang Katolik berada di daerah Selatan.

Fakta Jerman yang memiliki masyarakat mayoritas Kristen tersebut telah melahirkan tradisi agama, yaitu tradisi pohon Natal. Ada juga 4 juta orang yang merupakan penduduk muslim dan 100 ribu lainnya adalah penduduk Yahudi.

Baca Juga  Alamat dan Jam Pelayanan Kedubes Jerman di Jakarta