Contoh Soal Tes CPNS – Sebelum memahami lebih jauh contoh contoh soal tes cpns, ada lebih baiknya bagi anda yang ingin melamar cpns bisa memahami alur dan tahapan seleksi cpns, sehingga bisa mempersiapkan jauh-jauh hari.

Persiapan ini termasuk satu paket antara mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, hingga persiapan untuk berlatih mengerjakan soal soal tes cnps yang bisa dilakukan secara otodidak maupun mengikuti kursus cpns.

Latihan soal soal tes cpns dapat dilakukan jauh jauh hari sebelumnya, atau bahkan sebelum pengumuman cpns dibuka. Kira kira sebulan sebelum pembukaan cpns anda bisa berlatih soal-soal tes cpns melalui website badan kepegawaian negara ataupun website online lainnya

Selain itu belajar soal soal tes cpns juga dapat dilakukan melalui buku buku yang bisa dibeli di toko buku dengan judulnya biasanya strategi untuk mengerjakan soal soal tes cpns. Isi contoh soalnya biasanya tidak jauh dengan soal soal tes cpns pada saat real time nya.

Pada tahap selanjutnya, anda juga perlu memahami bahwa mengerjakan soal-soal tes cpns tidak lagi sama seperti mengerjakan ujian nasional yang menggunakan lembar jawab komputer dimana kita harus mengisi bulatan-bulatan hitam dengan menggunakan pensil.

Namun mengerjakan soal soal tes cpns saat ini sudah menggunakan sistem CAT alias computer asissted tes. Apa itu sistem CAT dalam ujian seleksi cpns? Sistem ini adalah mengerjakan soal-soal tes cpns langsung di komputer atau laptop yang tersambung dengan internet.

Jadi ketika anda membuka komputer, memasukkan id number dan bisa langsung mengerjakan soal soal tes cpns yang diberikan sebanyak 100 soal dalam kurun waktu dua hingga tiga jam, setelah selesai hasilnya akan langsung keluar.

Nah, proses mengerjakan soal soal tes cpns dengan sistem CAT ini akan berlaku pofesional, transparan dan tentunya akan meniadakan sistem korupsi kolusi nepotisme.

Baca Juga  Besaran Gaji Kerja di Jerman dibandingkan dengan di Indonesia

contoh soal tes cpns

Tahapan Seleksi CPNS Yang Perlu Dipahami

Selanjutnya memahami soal soal tes cpns akan anda temui pada seleksi tahap kedua, dimana seleksi tahap pertama adalah seleksi berkas setelah anda mengupload semua dokumen pendaftaran.

Jadi setelah anda mengupload dokumen pendaftaran sesuai dengan formasi yang anda lamar, panitia ujian cpns akan memverifikasi berkas berkas anda selanjutnya jika memenuhi persyaratan anda akan lolos ke tahap selanjutanya yaitu seleksi skd.

Seleksi SKD atau seleksi kompetensi dasar akan menguji kemampuan intelegensia, wawasan kebangsaan serta psikologi mendasar bagi calon pegawai negeri. Soal soal tes cpns pada tahapan ini mirip dengan tes psikologi maupun tes ujian nasional dengan tingat lebih tinggi.

Pada tahapan selanjutnya adalah seleksi kompetensi bidang yang biasanya tergantung dengan formasi yang akan anda ambil, misalnya jika anda memilih formasi sipir penjara kemenkumham, maka ada seleksi kesehatan. Sementara jika anda memilih formasi guru atau dosen biasanya ada praktik mengajar. Sisanya biasanya adanya seleksi wawancara.

Bentuk-Bentuk Soal Tes CPNS

Bentuk bentuk soal tes cpns tentu saja berbentuk pilihan ganda dan tidak ada essay. Walaupun demikin, sistem soal tes cpns ini bukanlah pilihan ganda biasa melainkan pilihan ganda berbasis HOTS alias high order thingking skill yang membuat anda harus berpikir dahulu sebelum menjawab soal.

Soal-soal tes cpns yang berbentuk HOTS ini akan disajikan dalam seleksi berbasis komputer yang biasa kita sebut dengan sistem CAT. Anda akan diminta mengerjakan kurang lebih 100 soal dalam waktu tertentu dan beberapa detik setelahnya hasilnya bisa diketahui.

Jika ingin membandingkan, sistem dan bentuk soal tes cpns mirip dengan isi soal SNMPTN, SBMPTN, atau seleksi psikologi masuk kampus dan juga tes OTO Bappenas yang biasanya dilakukan untuk kenaikan pangkat para pegawai negeri sipil.

Baca Juga  12 Tips Sukses dan Cara Lulus CPNS

Bentuk bentuk soal tes cpns ini akan meminta beberapa detik untuk dianalisi, dipikirkan dan ditelaah mendalam sebelum anda menjawabnya. Bentuk soal ini akan disajikan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kompetensi bidang.

Karakteristik Soal Tes CPNS dalam SKD dan SKB

Karakteristik soal tes cpns dalam skd dan skb dapat dijabarkan dalam uraian berikut in:

A. Jumlah soal keseluruhan dalam tes cpns adalah 100 soal yang terdiri atas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 buah, kemudian Tes Intelegensia Umum sebanyak 35 buah dan sisanya Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sejumlah 30 buah.

B. Berdasarkan ketentuan peraturan menteri pendayaagunaan dan aparatur negara passing grade dalam soal tes cpns terkait skd dan skb diturunkan passing gradenya menjadi: tkp: 126, tiu, 80 dan twk menjadi 65.

C. Tes SKD dan SKB dilakukan melalui sistem CAT dan diselenggarakan oleh BKN atau BKD tergantung formasi yang anda lamar. Anda bisa melakukan simulasi menjawa soal tes cpns di website badan kepegawaian negara (BKN) di: cat.bkn.go.id secara gratis dan tanpa dipungut biaya.

Contoh Soal Tes CPNS dalam SKD dan SKB

Beberapa contoh soal tes cpns dalam seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang:

Contoh soal tes wawasan kebangsaan (TWK) yang meliputi pengetahuan sejarah, pancasila dan kewarganegaraan:

1. Untuk mewujudkan tujuan nasional bangsa Indonesia, maka dalam bidang pendidikan pemerintah mencanangkan:
A.Wajib belajar 7 tahun
B.Keluarga menuju sejahtera
C.Keluarga berencana
D.Wajib belajar 9 tahun

2. Panglima Pemimpin Komando Mandala dalam Operasi di Irian Jaya adalah:
A.Gatot Soebroto
B.Soeharto
C.Oemar Dhani
D.Sarwo Edhie Wibowo

Contoh soal tes cpns dalam tes intelegensia umum yang mencakup kemampuan matematik, logika psikologi hingga wawasan verbal bahasa indonesia:

Baca Juga  Inilah Syarat Syarat Pendaftaran CPNS, Jangan Sampai Salah

1. Sebuah tabung yang memiliki diameter 40 cm dan tingginya mencapai 25 cm, maka bisa ditemukan volume tabung tersebut adalah:
A.31,4
B.314
C.31.4
D.314
E.3,14

2. Inferior >< …..
A.Berkuasa
B.Superior
C.Melebihi
D.Dominan

3. Selesaikan deret hitung di samping ini: 2,3,5,8,13……
A.20
B.21
C.22
D.23
E.24

4. Penyakit: Patologi maka …… : Cuaca
A.Antropologi
B.Meteorologi
C.Fisika
D.Meteorologi
E.Astronomi

contoh soal tes cpns

Contoh soal tes cpns dalam bidang tes karakteristik pribadi:

1. Sikap saya jika terjadi pergantian kepala pimpinan di tempat saya adalah:

A.Pergantian pemimpin dalam sebuah unit kerja adalah hal yang biasa
B.Tidak peduli
C.Berusaha mengenal dan memahami visi misi dan program pemimpin baru
D.Berusaha mengenal lebih dekat karakter pemimpin baru tersebut
E.Karena takut dibilang menjilat jadi tidak mendekati pemimpin unit baru tersebut.

2. Jika seorang pimpinan dalam unit saya membentak saya maka saya akan melakukan….

A.Meminta maaf sekalipun hati saya tidak rela
B.Melamunkan hal hal lain
C.Cuek saja
D.Merasa bodoh

Cara Menjawab Soal-Soal Tes CPNS

Dari jenis jenis soal di atas, cara menjawab soal tes cpns memerlukan strategi khusus yang bisa anda pakai untuk mengefektifkan waktu mengerjakan:

1. Pada soal matematika, jika anda lebih pintar di bidang matematika maka selesaikan dulu soal ini.

2. Sementara bagi anda yang lebih pintar dalam bidang logika maka selesaikan dahulu soal-soal mengenai logika, jika masih ada waktu anda masih bisa kembali lagi.

3. Sering seringah berlatih untuk estimasi waktu mengerjakan satu soal, anda bisa mencoba simulasinya di website BKN atau pun mengerjakan melalui website online lainnya.