Cara Lulus CPNS – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa PNS merupakan salah satu profesi paling disukai di tanah air kita. Terbukti begitu dibuka lowongan CPNS, bisa dipastikan pendaftarnya selalu membludak.

Pada tahun 2019 lalu saja ada 4.197.218 pelamar yang memperebutkan 150.315 formasi. Berarti secara rata-rata 1 formasi diperebutkan oleh 28 orang.

Karena peserta yang sangat banyak inilah, tidak mudah lulus tes CPNS. Tapi banyaknya peserta ini justru bagus, karena negara akan merekrut PNS terbaik dari yang terbaik.

Tips Sukses dan Cara Lulus CPNS

Nah untuk kalian yang ingin menjadi abdi negara, ini dia beberapa tips dan cara lulus CPNS yang wajib diketahui:

1. Tekad kuat mengabdi untuk negara

Apapun yang kita kerjakan, hasilnya sangat tergantung niat dan tekad yang ada di dalam hati. Karena tekad kuat membuat kita mengerahkan segala kemampuan untuk mewujudkan cita-cita.

Niat dan tekad itu juga yang membuat seseorang menjadi lebih mulia, baik di hadapan manusia maupun tuhannya.

Begitu juga kalau kamu ingin mengabdi pada negara lewat jalur PNS. Untuk terpilih menjadi PNS jelas tidak mudah. Akan ada rintangan yang terkadang membuatmu ingin menyerah.

Nah agar tetap maju dan pantang menyerah, pastikan memiliki niat yang lurus untuk mengabdikan diri pada bangsa negara.

Dengan begitu, kamu akan terpacu melakukan yang terbaik. Baik saat persiapan CPNS, saat lulus CPNS, saat bekerja sebagai PNS, bahkan seandainya gagal masuk CPNS.

cara lulus cpns

2. Siapkan persyaratan sedini mungkin

Walau jadwal pendaftaran belum pasti ditentukan, biasanya kementerian PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) sudah mengumumkan kemungkinan jadwalnya.

Nah saat itulah kamu bisa mulai menyiapkan persyaratan atau berkas dokumen lebih awal. Beberapa dokumen wajib yang selalu dibutuhkan dalam seleksi CPNS adalah fotocopy KTP, ijazah dan transkrip yang sudah dilegalisir, bukti akreditasi BAN-PT, pas foto dengan background merah.

Atau bagi yang ikut tes dari jalur honorer/THL, sudah pasti harus menyiapkan dokumen yang berhubungan dengan statusnya. Misalnya STR untuk tenaga kesehatan atau NUPTK untuk tenaga pendidik.

Seleksi berkas menjadi pintu gerbang awal masuk CPNS. Walau terlihat sepele, tapi jangan sampai meremehkan. Karena salah berkas bisa membuatmu terlempar dari seleksi administrasi.

Selain itu, pastikan juga NIK atau Nomor Induk Kependudukan telah terdaftar di sistem Dukcapil. Karena NIK kamu akan digunakan sebagai akun untuk login di situs SSCN.

Jangan sampai kamu input NIK di situs SSCN tapi yang keluar data diri orang lain. Kalau sudah begini, mau tak mau harus lapor ke Dukcapil setempat untuk menverifikasi data.

Nah agar tidak terjadi masalah di kemudian hari, ada baiknya kamu cek kesesuaian data NIK ke Dukcapil sekarang juga.

3. Ingin diterima? Cermat memilih formasi

Ada jutaan orang yang melamar jadi CPNS. Karena itu ada banyak faktor yang menentukan diterima tidaknya seseorang. Sudah pasti wajib bagi kita untuk membiasakan dengan soal-soal CPNS.

Di luar itu, penting juga untuk jeli memilih formasi atau lowongan yang tersedia. Kalau sekedar melamar formasi sesuai background pendidikan, sudah pastilah. Bagaimana mau lulus kalau melamar di tempat yang salah.

Tapi yang dimaksud cermat memilih formasi adalah tentang detail jabatan, lokasi kerja, instansi mana, dll. Nah kalau target kamu “yang penting diterima CPNS”, penting juga untuk memilih formasi yang jumlah pelamarnya sedikit.

Untungnya lagi kita bisa melihat pergerakan jumlah pendaftar. Karena biasanya BKN akan mengeluarkan grafik jumlah pelamar pada tiap formasi.

Karena itu disarankan tidak terburu-buru menentukan pilihan. Kalau ingin realistis dan bersaing di level lebih rendah, pilih saja formasi yang lebih sedikti pelamarnya.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencari formasi “aneh” atau formasi yang lokasi kerjanya bukan lokasi favorit.

Bahkan kalau diperhatikan, ternyata ada lho formasi yang gak ada peminat atau sangat sedikit pelamarnya. Sayang banget kan kalau ada cara lulus CPNS yang sia-sia.

Baca Juga  Inilah Syarat Syarat Pendaftaran CPNS, Jangan Sampai Salah

4. Belajar dengan istiqomah

Banyak orang yang menganggap soal-soal tes CPNS sangat mudah. Anggapan yang tidak sepenuhnya salah, karena nyatanya yang diujikan kemampuan dasar.

Tapi banyaknya pesaing membuat kita harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Karena tiap soal sangat berharga bagi keberhasilan kita.

Itulah mengapa penting untuk belajar dengan konsisten agar kamu benar-benar siap dengan soal CPNS. Sisihkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk membaca dan latihan soal CPNS.

Untuk lama persiapan sendiri, kira-kira dibutuhkan waktu satu bulan untuk belajar. Beberapa materi belajar diantaranya buku SMA tentang Pancasila, sejarah, UUD, Matematika Dasar, dll.

Belajar sebentar tapi rutin jauh lebih baik dibanding belajar lama tapi hanya satu atau dua kali aja. Dan jangan pernah coba-coba belajar sistem kebut semalam ya!!

5. Kenali soal CPNS

Kalau kamu sudah melewati tes berkas administrasi, ada 2 tahap lagi yang akan dihadapi. Yaitu Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

SKD memiliki jenis soal yang sama untuk semua pelamar. Adapun SKB menyesuaikan dengan formasi yang dilamar dan menjadi tanggung jawab masing-masing instansi.

Untuk SKD, pengerjaannya dilakukan dengan sistem CAT atau Computer Assisted Test. Sistem ini membuat skor keluar secara real time.

Panitia penerimaan CPNS juga mengklaim lebih transparan. Karena semua pihak bisa mengetahui pergerakan skor saat tes berlangsung.

SKD juga menjadi tes terpenting dalam seleksi CPNS. Pada tes ini kamu harus mengerjakan 100 soal selama 1,5 jam. Kalau kamu bisa lulus SKD, peluang cara lulus CPNS sangat besar.

Tapi tidak mudah lho bisa lulus SKD. Di sini akan diuji pengetahuan tentang kebangsaan, kemampuan logika, serta kepribadian kamu.

Dan harus diketahui pula, pada SKD ini diterapkan passing grade atau ambang batas. Kalau ingin lulus, skor wajib di atas ambang batas. Kalau ada satu bagian tes saja yang di bawah ambang batas, bisa dipastikan kandas.

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes ini akan menguji wawasan kamu tentang kebangsaan negara Indonesia. Biasanya berisi soal-soal yang berhubungan dengan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tungga Ika, dan sejarah bangsa.

Banyak yang suka dengan soal-soal TWK. Karena tidak memerlukan banyak analisa dan hitungan. Kalaupun ragu-ragu, kamu bisa memilih jawaban yang kira-kira paling benar.

Bagian TWK terdiri dari 35 soal dengan passing grade 65. Tiap soal yang dijawab benar akan mendapat skor 5. Artinya, minimal jawaban benar adalah 13 soal.

Nah agar bisa melewati passing grade TWK, tidak ada cara lain kecuali rajin baca buku tentang UUD 1945, sejarah, dan berlatih soal. Kalau kamu hobi baca, biasanya tidak akan kesulitan dengan soal TWK.

  • Tes Intelegensi Umum (TIU)

Mayoritas pelamar biasanya sangat perhatian dengan TIU. Wajar saja karena pada bagian ini memuat soal-soal analisa dan hitungan. Tahu sendiri kan, nggak semua orang suka Matematika.

Materi yang sering keluar pada tes TIU diantaranya penjumlahan pengurangan desimal/pecahan, menghitung jarak, deret hitung, logika matematika, antonim, sinonim, akronim, silogisme, analisa pernyataan, dll.

Walau terlihat sulit, sebenarnya soal-soal tersebut hanya masalah kebiasaan saja. Untungnya bagian ini tidak perlu banyak hapalan.

Bagian TIU ini terdiri dari 30 soal dengan passing grade 80. Berarti setidaknya kamu perlu mengerjakan 16 jawaban benar.

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Bagian ini sering dianggap sebagai tes termudah. Karena pertanyaannya seputar kepribadian diri kita sendiri. Tapi jangan salah sangka. Pilihan jawaban yang hampir sama terkadang bisa menjebak lho. Jadi kamu wajib hati-hati.

Singkatnya, bagian TKP ini mirip tes psikologi yang akan mengulik kepribadian, kemampuan leaderships, motivasi kerja, inovasi, profesionalitas, maupun sikap kamu saat menghadapi permasalahan pekerjaan.

Nah meski dianggap soal termudah, TKP ternyata memerlukan passing grade paling tinggi, yaitu 126 dari 35 soal. Yang harus diperhatikan juga, cara penilaian TKP berbeda dengan lainnya.

Kalau di bagian lainnya skor 5 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah. Pada TKP ini semua soal memiliki skor. Yaitu skor pada rentang 1-5. Semakin tinggi skor berarti semakin mendekati kebenaran.

Jadi jangan sampai nggak menjawab ya. Karena tiap jawaban bisa mempengaruhi hasil kelulusan lho.

Dan karena passing grade TKP tertinggi serta soalnya dianggap paling mudah, ada baiknya mengerjakan TKP terlebih dulu dibanding 2 tes lainnya.

6. Latihan soal

Walau berganti tahun, tapi type dan pola soal CPNS tidak jauh berbeda. Karena itu cara lulus CPNS bisa dilakukan dengan banyak berlatih soal-soal SKD CPNS.

Dan bagi yang benar-benar niat ingin jadi PNS, jangan jadikan berlatih soal sebagai sambilan. Tapi luangkan waktu khusus untuk berlatih.

Apalagi tidak susah kok mendapat soal-soal CPNS. Kalaupun repot kalau harus membeli buku, ada banyak website yang memuat soal-soal untuk cara lulus CPNS.

Sering berlatih soal tidak hanya membuatmu mampu mengerjakan dengan benar dan cepat, tapi juga siap secara psikologis. Ingat, waktu pengerjaan soal sangat terbatas, sehingga penting untuk menjawab soal secepat mungkin.

Baca Juga  Manfaat dan Tips Memilih Bimbel CPNS Untuk Sukses

7. Ikut bimbel

Pada akhirnya kesuksesan cara lulus CPNS tergantung seberapa kuat kemauan tiap orang. Ada begitu disiplin belajar dan tidak terpengaruh lingkungan.

Bahkan kalau kamu berkeinginan sangat kuat, tidak ada salahnya ikut bimbel. Walau tidak ada jaminan pasti diterima, belajar di bimbel akan mempersiapkan diri kamu dengan lebih baik.

Bisa saja kita belajar di rumah, tapi bagaimana kalau kalau ada teman yang mengajak keluar atau keluarga minta bantuan? Tidak mudah lho menghindari gangguan dari luar.

Berbagai gangguan tadi sudah pasti bisa dihindari kalau kamu belajar di bimbel tes sebagai upaya cara lulus cpns. Tidak itu saja, belajar bersama teman-teman sesama pemburu CPNS juga meningkatkan motivasi lho.

Belajar lewat bimbel juga membuatmu mendapat bimbingan dari pengajar berpengalaman. Mereka tidak segan-segan berbagai tips dan trik cara cepat mengerjakan soal CPNS.

Jadi bagi kalian yang memiliki waktu ikut bimbel, ikut saja. Kesempatan menjadi CPNS tidak datang setiap saat. Dan ikut bimbel bisa memperbesar peluang cara lulus CPNS.

8. Try out tes CAT

Isu KKN dalam tes CPNS sudah ada sejak dulu. Nah untuk melaksanakan seleksi CPNS yang jujur, adil, transparan, pemerintah menerapkan CAT sejak tahun 2013 lalu.

Dengan sistem rekrutmen yang lebih fair, kita semua bisa berharap mendapat abdi negara kualitas terbaik.

Nah dengan tes CAT ini, kamu tidak memerlukan kertas dan bolpen lagi untuk mengerjakan soal. Soal ada di layar komputer dan kamu tinggal meng-klik jawaban benar.

Semua pelamar juga mendapat soal yang berlainan. Jadi jangan coba-coba untuk nyontek jawaban teman sebelah.

Begitu selesai mengerjakan soal, kamu juga bisa langsung tahu skor yang didapat. Tidak itu saja, penilaian yang real time membuat semua pihak bisa memantau pergerakan skor.

Nah agar terbiasa dengan tes CAT, tidak ada salahnya ikut try out simulasi CAT CPNS. Try out juga membuat kita bisa mengukur apakah bisa melewati passing grade.

Untungnya sekarang ini try out bisa dilakukan secara online ataupun lewat aplikasi. Karena sudah banyak website dan pengembang aplikasi yang menyediakan CAT CPNS.

Hanya dengan laptop dan koneksi internet, kamu sudah bisa melakukan try out CAT CPNS sepuasnya.

9. Kerjakan yang mudah dulu

cara lulus cpns

Tes SKD CPNS terdiri dari 100 soal yang tidak harus dikerjakan berurutan. Karena itu harap tenang dan teliti dalam mengerjakan soal.

Jangan terpancing dengan soal yang menantang. Justru disarankan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu. Antara soal mudah dan sulit bobot nilainya sama saja kok.

Jadi untuk apa menghabiskan waktu dengan soal menantang? Jangan sampai asyik mengerjakan soal justru membuat kita kehabisan waktu.

Biasanya soal hitungan dan analisa pada TIU memerlukan waktu lebih, sehingga ada baiknya mengerjakan belakangan. Dahulukan soal TKP dan TWK.

Dengan memilih prioritas soal seperti ini, kamu bisa mendapat skor maksimal. Karena memang waktu yang tersedia hanya 90 menit.

10. Datang lebih awal lebih baik

Ketenangan mengerjakan soal bisa menjadi kunci sukses tes dan cara lulus CPNS. Persiapan dan kecerdasan mengerjakan soal bisa sia-sia kalau rasa gugup datang saat hari-H. Jadi jangan sampai rasa gugup menghinggapi diri kamu ya.

Nah agar bisa lebih tenang, sebaiknya datang ke lokasi tes lebih awal. Apalagi bagi kamu yang tinggal di kota besar. Fokus kamu bisa terganggu kalau kalau di jalan saja sudah terburu-buru atau emosi karena macet.

Terlebih di tes CPNS ini tidak ada toleransi keterlambatan lho. Telat beberapa menit saja, kamu tidak akan diperbolehkan masuk ke ruangan tes.

Karena itu usahakan sudah ada di lokasi maksimal 1 jam sebelum tes. Setelah datang, kamu harus melakukan registrasi dan pemeriksaan keamanan terlebih dulu sebelum akhirnya duduk di kursi tes.

Nah agar bisa datang tepat waktu, sebaiknya cek lokasi tes sehari sebelumnya. Jangan sampai telat gara-gara kesasar atau kesulitan mencari lokasi.

11. Jaga badan tetap fit

Selain persiapan mengerjakan soal, jangan lupa juga menjaga badan kamu tetap fit. Karena semua persiapan bisa tiada artinya kalau ternyata kurang fit di hari tes.

Karena itu jangan belajar terlalu keras menjelang tes. Justru usahakan untuk istirahat yang cukup. Selain itu, konsumsi makanan bergizi sehingga kamu bisa datang saat tes dalam kondisi fisik terbaik.

12. Doa

Sebagai umat beragama, keberhasilan kita tidak bisa lepas dari ketentuan Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu jangan lupa berdoa agar diberi kelancaran dan dipermudah mengerjakan soal tes sebagai cara lulus cpns.

Doa akan memberi kekuatan, baik saat sukses atau gagal. Dengan doa, kita tidak akan sombong dengan keberhasilan dan tidak putus asa kalau gagal. Karena Tuhan pasti memberi yang terbaik untuk hambanya.

Nah itu tadi 12 tips dan cara lulus CPNS. Semoga bermanfaat dan membantu kalian memperoleh hasil maksimal. Sukses selalu!