Cara Kerja di Jepang – Negara Jepang merupakan Negara yang banyak dituju oleh warga Negara asing untuk memperoleh pekerjaan, tidak terkecuali di Indonesia.

Untuk bisa bekerja ada syarat kerja di Jepang yang harus dipenuhi serta memperhatikan potensi yang dibutuhkan. Jepang cukup selektif dalam memilih tenaga kerja asing yang datang ke negaranya untuk tujuan bekerja.

Bagaimana Cara Kerja di Jepang

Bagaimana Cara Kerja di Jepang?

Banyak orang yang bercita-cita untuk bekerja di negeri matahari terbit karena beberapa alasan. Sistem kerja yang diterapkan membuat banyak yang ingin merasakan bagaimana cara kerja di Jepang.

Bagi yang tertarik tentu saja harus mengetahui syarat kerja di Jepang serta bagaimana agar bisa bekerja di Negeri sakura tersebut, beirkut dibawah ini adalah ulasannya bagaimana cara kerja di Jepang dan syarat kerja di Jepang.

1. Belajar Bahasa Jepang

Cara pertama dan paling mudah untuk dilakukan agar bisa bekerja di Jepang adalah dengan belajar bahasa Jepang dan menguasai cara menulis hingga percakapannya. Tidak perlu fasih, paling tidak seseorang sudah bisa menguasai percakapan seputar pekerjaan yang akan dijalankan. Menguasai percakapan mengharuskan seseorang sering bercakap-cakap dan menggunakan bahasa Jepang sesering mungkin.

Negeri sakura ini mewajibkan semua warganya untuk menguasai bahasa Jepang bahkan dianjurkan untuk mengikuti tes berbahasa Jepang. Bahasa Jepang adalah bahasa ibu dan bahasa persatuan sehingga jika ingin bekerja disana maka harus bisa berbahasa Jepang. tulisan Jepang jarang menggunakan huruf alphabet atau romawi melainkan menggunakan tulisan kanji, hiragana dan katakana.

Bisa berbahasa Jepang adalah syarat kerja di Jepang yang harus dipenuhi. Memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang baik juga membuka peluang yang besar bagi seseorang untuk mendapatkan rekomendasi untuk bekerja di Jepang.

Baca Juga  4 Jenis Tempat Tinggal di Jerman Untuk Mahasiswa

2. Melamar Kerja di Perusahaan Jepang di Indonesia

Cara selanjutnya yang bisa ditempuh untuk bisa bekerja di Jepang adalah dengan melamar di perusahaan Jepang yang berdiri di Indonesia. Perusahaan Jepang yang berdiri di Indonesia jumlahnya cukup banyak sehingga peluang untuk diterima cukup besar. Jadi jangan berakhir dengan mimpi untuk bekerja di Jepang meskipun hanya bekerja di perusahaan cabang.

Hal yang perlu diketahui adalah perusahaan-perusahaan ini biasanya rutin melakukan transfer karyawan ke Jepang untuk bekerja di sana. Transfer ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di perusahaan pusat tempat bekerja. Untuk itu sebelum melamar perhatikan posisi yang akan dilamar di perusahaan cabang, agar nantinya peluang untuk ditransfer bisa lebih besar.

Persyaratan Kerja di Jepang

Persyaratan Kerja di Jepang Atau Megang di Jepang

Cara lain yang bisa ditempuh untuk mewujudkan mimpi untuk bekerja di Jepang adalah dengan menjadi pegawai magang di Departemen Tenaga Kerja. Depnaker di Indonesia sudah bermitra dengan Jepang melalui program IMM-Japan sejak lama. Menjadi magang untuk Depnaker melalui program tersebut membuka peluang besar untuk bisa bekerja di Jepang dengan mudah.

Baca Juga  Kursus Bahasa Jerman Serpong

Tidak usah khawatir dengan gelar dan sebagainya karena Departemen Tenaga Kerja biasanya menerima karyawan magang berpendidikan minimal SMA. Jangan berpikir terlalu jauh untuk mendapatkan gelar yang tinggi untuk melamar pekerjaan melalui program ini. Pekerjaan yang tersedia dalam program IMM-Japan beberapa diantaranya yakni teknisi, peternakan, pertanian, pabrik dan sebagainya.

Jika Anda tertarik, berikut ini beberapa syarat magang ke Jepang yang harus dipenuhi:

  • Calon peserta magang harus berpendidikan minimal SMA atau sederajat. Lebih baik lagi jika lulusan D3 atau S1.
  • Memenuhi syarat umur yang ditentukan lembaga rekrutmen. Jalur negeri antara 19-26 tahun, jalur swasta antara 18-30an tahun masih diperbolehkan.
  • Calon peserta magang memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 150 cm untuk wanita. Berat badannya juga harus ideal dengan tinggi badan, bisa dihitung dengan rumus -> Berat Badan = Tinggi Badan – 110.
  • Calon peserta magang tidak boleh memiliki penyakit mata bahkan tidak boleh menggunakan kacamata.
  • Tubuh dalam keadaan bersih, tidak boleh bertindik, bertato, dan memiliki penyakit kulit.
  • Tubuh tidak pernah mengalami masalah serius seperti operasi, patah tulang, atau memiliki masalah pada organ tubuh.

Selain persyaratan umum, ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Surat lamaran dan/atau formulir pendaftaran.
  • KTP & KK.
  • Kartu Pencari Kerja (AK1).
  • SKCK.
  • Surat keterangan sehat.
  • Surat pernyataan pemberian izin magang dari orang tua atau wali.
  • Ijazah dan transkrip nilai.
  • Sertifikat keterampilan.
  • Pas foto

Sebagai catatan, setiap syarat umum dan administrasi akan sedikit berbeda untuk jalur negeri dan swasta. Anda harus mencari informasi detailnya, bisa di web disnaker atau web LPK. Namun, secara garis besar, persyaratannya seperti yang sudah diulas di atas dan jika Anda berminat untuk kerja di Jepang maka bisa dengan bantuan Studiva dengan mengisi form di bawah ini.