Buku Bahasa Jerman – Untuk mulai belajar bahasa Jerman, tentu saja kita akan membutuhkan buku bahasa Jerman sebagai panduan. Ada banyak buku panduan belajar bahasa Jerman yang bisa dijadikan dasar pembelajaran. Untuk memilihnya, kita harus menyesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki sekarang.

Tingkatan dalam Kemampuan Berbahasa Jerman

Ketika akan membeli buku bahasa Jerman sebagai tuntunan belajar, kita harus memahami seberapa kemampuan yang akan dicapai dan kemampuan yang sudah dimiliki sebelumnya. Secara resmi, ada 6 tingkatan kemampuan berbahasa Jerman yang diakui, yaitu:

A1: Einstieg atau tingkat pemula
A2: Grundlagen atau tingkat dasar
B1: Mittelstufe atau tingkat menengah
B2: Gute Mittelstufe atau tingkat menengah atas
C1: Fortgeschrittene Kenntnisse atau tingkat atas
C2: Exzellente atau Kenntnisse Proficiency, tingkatan untuk penutur asli

Masing-masing tingkatan tersebut memiliki bobot dan kesulitan belajar tersendiri. Bobot materi untuk belajar tingkat A1 + A2 + B1 = tingkat kesulitan B2 + C1 = tingkat kesulitan C2. Apabila keliru dalam memilih buku panduan, kita mungkin akan lebih merasa sulit.

Memilih Buku Bahasa Jerman yang Tepat

Kini sudah banyak buku bahasa Jerman yang dapat digunakan sebagai tuntunan belajar. Buku-buku yang beredar ada yang merupakan cetakan dalam negeri dan ada pula yang asli cetakan atau disusun berdasarkan kurikulum Eropa.

Buku Panduan Belajar Bahasa Jerman sesuai Level

1. Bagi seseorang yang berada pada level kemampuan A1+A2+B1, buku pelajaran belajar bahasa Jerman yang baik untuk digunakan adalah: Berliner Platz 1, 2 and 3 (oleh Langenscheidt).

2. Bagi seseorang yang berada pada level kemampuan B1+B2+C1, buku pelajaran belajar bahasa Jerman yang baik untuk digunakan adalah: EM Brückenkurs, Hauptkurs, dan Abschlusskurs (oleh Hueber) serta Mittelpunkt neu (oleh Klett).

Baca Juga  Ingin Hidup di Jerman? Ini Dia Syarat Tinggal di Jerman

Buku Bahasa Jerman Khusus Gramatikal sesuai Level

Selain buku-buku pelajaran di atas, ada juga buku yang khusus digunakan untuk mempelajari gramatikal dalam bahasa Jerman. buku-buku ini juga harus disesuaikan dengan level kemampuan kita.

1. Untuk seseorang yang berada di level kemampuan A1+A2+B1, buku gramatikal belajar bahasa Jerman yang cocok digunakan adalah: Grundstufen-Grammatik (oleh Hueber).

2. Untuk seseorang yang berada di level kemampuan B+B2, buku gramatikal belajar bahasa Jerman yang cocok digunakan adalah: EM Übungsgrammatik (oleh Hueber) dan Kompaktgrammatik (oleh Cornelsen).

3. Untuk seseorang yang berada di level kemampuan B2+C1, buku gramatikal belajar bahasa Jerman yang cocok digunakan adalah: Übungsgrammatik für Forgeschrittene (oleh Hueber).

Kamus Bahasa Jerman Pilihan

Selain wajib memiliki buku bahasa Jerman yang memuat materi-materi khusus, kita juga perlu memiliki kamus untuk menemukan kosa kata baru atau untuk mengkonfirmasi kata-kata yang belum dimengerti maknanya.

Kamus bahasa Jerman cetak yang sering dipilih adalah Deutsche als Fremdsprache: Grund- und Mittelstufe (oleh Hueber).

Buku-Buku Belajar Bahasa Jerman Pilihan Lainnya

Jika buku-buku di atas sulit untuk didapatkan, atau atas pertimbangan harga yang memang tidak murah, kamu juga bisa memilih buku-buku berikut ini.

1. Netzwerk A1, A2, dan B1
2. Studio D A1, A2 dan B1
3. Studio D B2/1 Deutsch als Fremdsprache Die Mittelstufe
4. Aspekte neu B1 Plus Mittelstufe Deutsch
5. Aspekte neu B2 Mittelstufe Deutsch
6. Kamus Langenscheit Grosserwoerterbuch Deutsch als Fremsprache

Itulah tadi beberapa buku bahasa Jerman yang banyak digunakan. Jika kita memilih membeli buku asli, maka lazimnya kita akan mendapatkan beberapa perangkat tambahan, seperti CD audio dan lainnya.