Bimbel CPNS – Profesi PNS termasuk pekerjaan yang menjanjikan masa depan cerah. PNS zaman now tidak hanya mendapat gaji pokok dan tunjangan yang kompetitif, tapi juga mendapat status sosial yang baik di masyarakat.

Biasanya PNS akan mendapat penghargaan lebih di tengah-tengah masyarakat kita. Bagi yang belum mendapat jodoh, status PNS juga bisa menjadi nilai plus lho.

Belum lagi gaji pensiun yang didapatkan saat purna tugas kelak. Bahkan kalau telah meninggal, ahli waris PNS tetap menerima gaji bulanan.

Nah dengan berbagai keuntungan, gak heran kalau banyak anak muda yang ingin menjadi PNS. Tapi seleksi yang super ketat membuat tidak mudah merebut satu kursi PNS. Kamu bakal bersaing dengan peserta dari seluruh nusantara.

Selain itu, syarat menjadi PNS juga semakin berat lho. Ada banyak dokumen yang harus disiapkan. Mulai dari syarat kualifikasi pendidikan, IPK, skill bahasa Inggris, dll. wajar saja jika kamu ikutan bimbel cpns.

Apa saja yang diujikan?

Nah setelah dinyatakan lolos verifikasi berkas, kamu akan dihadapkan pada Tes Kompetensi Dasar atau TKD. Seperti namanya, TKD akan menguji kemampuan dasar mengenai kepribadian, intelegensi, dan wawasan kebangsaan.

Peserta yang lolos seleksi CPNS akan bekerja untuk negara. Jadi wajar saja kalau negara tidak hanya berharap mendapat pegawai yang cerdas, tapi juga harus paham dasar negara dan ideologi. Nah berikut ini tiga jenis tes yang diujikan dalam TKD

bimbel cpns

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes pertama yang dijalani dalam TKD adalah Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK. Pada tes ini, akan diuji wawasan dan kemampuan mengamalkan 4 pilar bangsa Indonesia. Yaitu,

-Pancasila
-UUD 1945
-Bhineka Tunggal Ika
-Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes ini sebenarnya mirip dengan Tes Potensi Akademik atau TPA yang digunakan untuk tes masuk kuliah atau rekrutmen perusahaan. Seperti biasa, kisi-kisi TIU terdiri dari:

-Kemampuan verbal, berhubungan dengan kemampuan menyampaikan informasi baik lisan atau tulisan. Kamu akan berhadapan dengan soal seputar lawan kata atau antonim, persamaan kata atau sinonim, serta memahami hubungan antar kata, dll.

-kemampuan numerik, tes yang akan menguji kemampuan berhitung serta hubungan antar angka-angka. Terdiri dari perhitungan jarak, pecahan, persentase, waktu, rata-rata, kecepaan, perbandingan, serta deret.

-Tes penalaran logika, tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan logika dan penalaran dalam menyelesaikan masalah. Terdiri dari tes analisa pernyataan, silogisme, dan logika cerita.

Baca Juga  Rekomendasi Kursus Bahasa Jerman di Bandung

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes ini mirip dengan tes kepribadian, yang akan menilai sikap terhadap suatu kasus. Pemerintah ingin mencari abdi negara yang mampu memberikan sikap dan pelayanan terbaik untuk bangsa negara.

Beberapa hal yang akan diuji dari diri kamu antara lain: integritas, kemauan berprestasi, inovasi, semangat melayani, adaptasi, team work, kemampuan bekerja mandiri, serta leaderships.

Tips lolos tes CPNS

Berdasar tes di tahun-tahun sebelumnya, ketiga jenis tes tadi berjumlah total 100 soal. Dan kamu hanya diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan soal-soal itu.

Nah agar bisa mengerjakan soal dengan lancar, ada beberapa tips yang mesti diketahui. Membiasakan diri dengan berlatih soal-soal tahun sebelumnya menjadi yang terpenting.

Kecenderungan dari tahun ke tahun tipe soalnya sama saja. Dengan mengenali tipe soal dan berlatih, membuatmu mampu mengerjakan dengan cepat dan tepat. Secara psikologis, berlatih soal akan membuatmu merasa lebih tenang.

Setelah mengenal jenis-jenis tes, kamu juga wajib membiasakan diri dengan tes sistem CAT atau Computer Assisted Test). Sudah beberapa tahun ini BKN tidak menyelenggarakan tes paper based, tapi dengan computer based.

Untungnya kalian bisa berlatih di beberapa alamat web yang menyediakan simulasi CAT online secara gratis. Dengan simulasi, kamu tidak akan canggung saat hari-H tes.

Satu lagi tips pengerjaan soal, yaitu kerjakan soal termudah dulu. Jangan paksakan dengan soal sulit dan perlu waktu lama untuk mengerjakannya.

Ini penting agar kamu bisa mendapat skor maksimal dalam waktu terbatas. Dan usahakan juga jangan sampai ada soal yang tidak dijawab ya. Karena satu soal saja bisa memperbesar peluang diterima PNS.

Untuk soal yang sulit, kalian bisa mencatat nomor soal di kertas terlebih dulu. Agar bisa berpikir lebih lama, kerjakan soal sulit tersebut di akhir.

Yang tidak kalah pentingnya, tekad dan kemauan kuat sejak awal. Karena persiapan tes CPNS tidak bisa hanya dalam sehari dua hari. Akan lebih baik kalau kamu mempersiapkan diri sedini mungkin.

Jangan hanya belajar di waktu sisa saja. Tapi kamu perlu menyediakan waktu khusus dalam bimbel cpns untuk mempelajari soal-soal CPNS. Dengan manajemen waktu yang baik, kalian akan lebih siap menghadapi tes.

Manfaat ikut bimbel CPNS

bimbel cpns

Salah satu usaha untuk memaksimalkan persiapan adalah dengan ikut bimbingan belajar atau bimbel CPNS. Bimbingan belajar CPNS adalah program belajar yang akan mempersiapkan kamu menghadapi tes CPNS.

Walau tidak ada bimbel yang memberikan jaminan diterima, setidaknya kamu bisa mempersiapkan diri lebih intensif.

Kamu bisa saja belajar mandiri di rumah, tapi terkadang ada saja gangguan dari teman atau keluarga. Tapi kalau belajar di bimbel, gangguan tersebut bisa dihindari.

Tidak hanya terbebas dari gangguan, justru kamu lebih termotivasi. Karena kamu akan belajar bersama teman sekelas yang sama-sama berjuang agar tembus PNS.

Selain itu, siswa akan diberi tips dan trik praktis mengerjakan soal CPNS ketika belajar di bimbel cpns. Waktu yang tersedia saat tes tidak terlalu banyak, sehingga kamu perlu tips agar bisa lebih cepat mengerjakan soal.

Di bimbel PNS, siswa juga diikutkan dalam simulasi CAT sebagaimana tes yang sebenarnya. Ini membuat siswa lebih siap dibanding belajar mandiri.

Tips memilih bimbel berkualitas

Kalau kamu punya kesempatan dan ada waktu ikut bimbel CPNS, sebaiknya ikut saja. Karena akan memperbesar peluang diterima. Tapi hati-hati dalam pemilihan bimbel ya. Jangan sampai usaha kamu sia-sia gara-gara salam memilih bimbel. Lalu bagaimana cara memilih bimbel berkualitas?

Kualitas bimbel bisa dilihat dari pengajarnya. Karena pengajar akan menjadi aktor utama di bimbel. Umumnya bimbel akan merekrut pengajar yang berstatus PNS.

Tapi itu saja tidak cukup. Pengajar yang baik haruslah berbakat mengajar, memiliki metode yang mudah dipahami, ramah, dan bisa memotivasi siswa.

Selain itu, dia juga berpengalaman membawa siswa sukses lolos tes pada bimbel CPNS. Agar tahu kualitas pengajar, kamu bisa tanyakan ke staff bimbel perihal background pendidikan dan pengalaman pengajar.

Pertimbangan lain dalam memilih bimbel CPNS adalah kelengkapan fasilitas. Misalnya apakah tersedia fasilitas simulasi CAT, internet, apakah soal menggunakan cara terbaru, serta ada laptop atau tidak.

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek bagaimana suasana dan kondisi kelas. Apakah tersedia kelas kecil? Kelas dengan jumlah siswa sedikit akan membuat kamu lebih fokus belajar.

Karena itu, jangan ragu untuk melihat langsung ke lokasi. Kelas yang sehat sudah pasti membuat kamu bisa belajar lebih nyaman.

Bagi kamu yang dananya pas-pasan, bisa jadi lebih selektif lagi. Karena harus menyesuaikan dengan kondisi kantong. Nah selain melihat keterjangkauan, pertimbangkan juga fasilitasnya ya.

Jangan sampai mengorbankan kualitas dan fasilitas karena ingin murah. Kamu perlu sedikit telaten, karena masih ada kok bimbel berkualitas dengan harga terjangkau. Nah selamat belajar ya!!