Bentang Alam Jerman – Jerman adalah sebuah negara yang memiliki luas wilayah mencakup 357.021 km2, yang membentang dari Pegunungan Alpen hingga Dataran Eropa Utara ke Laut Utara dan Laut Baltik. Luas wilayah tersebut terdiri dari 349.223 km2 tanah dan 7.798 km2 perairan.

Sebagai negara yang maju, sangatlah luar biasa bahwa faktanya 30 persen bentang alam Jerman masih hutan. Selain itu, 2 persen lainnya adalah wilayah asri non hutan. Tidak heran jika bentang alam Jerman diakui yang paling menarik di wilayah Eropa.

Daratan Tinggi dan Rendah yang ada di Jerman

Jerman memilik penampakan daratan yang cukup beragam, dari bukit berbatu hingga daratan yang datar. Jerman juga memiliki wilayah yang termasuk ke dalam deretan Pegunungan Alpen.

Diketahui bahwa titik tertinggi yang ada Jerman ada di sekitaran Pegunungan Alpen, yaitu di Zugspitze, di Pegunungan Alpen Bavaria, 2.962 m (9.718 kaki), Garmisch-Partenkirchen / Grainau, Bavaria.

Sementara itu, titik terendah yang secara alami terbentuk adalah di Neuendorf-Sachsenbande, Wilstermarsch, Schleswig-Holstein. Daratan ini ada di ukuran 3.53 m di bawah permukaan laut.

Daratan dan Perairan di Jerman

Dari seluruh bentang alam Jerman, total ada daratan seluas 357.021 km2, di mana seluas 5.157 km2 merupakan tanah irigasi. Sementara itu, masih ada lagi 8.350 km2 lainnya yang ditutupi oleh air, seperti Danau Constance (total luas 536 km2), Müritz (117 km2), dan Chiemsee (80 km2).

Selain danau-danau di atas daratan tersebut, daratan Jerman berisi 62% pantai. Jerman tercatat memiliki total garis pantai sepanjang 2.389 km, yang jika dihitung termasuk perbatasan dengan negara lain totalnya menjadi sepanjang 3.714 km.

Di luar itu, mayoritas wilayah Jerman merupakan tanah subur atau bisa ditanami (33,95%). Di seluas tanah subur itu, hanya ada tanaman permanen seluas 0,57%. Jerman juga memiliki Gua. Di wilayah bebatuan Karst, terdapat beberapa gua yang terbentuk terutama di Lembah Hönne.

Baca Juga  FSJ di Jerman untuk Anak Muda Indonesia

Sungai-Sungai yang ada di Jerman

Sungai juga mengambil tempat di bentang alam Jerman, apalagi negara ini dilewati sungai penting di Eropa, yaitu Sungai Rhine. Sungai Rhine memiliki beberapa nama lain di negara lain, masuk ke wilayah Jerman sepanjang 865 km.

Sungai Rhine memunculkan beberapa anak sungai utama yang juga mengalir di Jerman, seperti Sungai Neckar, Main, dan Moselle. Selain itu, beberapa sungai penting yang ada di Jerman dan melintasi beberapa negara adalah Sungai Saale, Sungai Neckar, Sungai Weser, dan Sungai Oder.

Itulah tadi berbagai penampakkan bentang alam Jerman yang menakjubkan. Uniknya, masyarakat di sana cenderung teknofobik dan lebih suka menikmati alam. Alam yang terjaga membuat iklim di Jerman diakui menjadi yang paling nyaman untuk berbagai varietas mahkluk hidup di Eropa.