Belajar Bahasa Perancis untuk Pemula – Bahasa Prancis memang diangap sebagai salah satu bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari. Selain karena susunan gramatikal yang memiliki keunikan, yaitu harus memperhatikan diksi tertentu, pengucapan kata-kata dalam bahasa Prancis pun menarik.

Uniknya, ada banyak poliglot percaya bahwa setelah menguasai bahasa Perancis, maka lidah kita cenderung lebih mudah untuk menguasai bahasa serumpun, seperti bahasa Inggris. Oleh sebab itu, belajar bahasa Prancis bisa jadi pilihan pertama supaya kita menjadi poliglot dengan lebih mudah.

Sebagai awalan belajar bahasa Perancis untuk pemula, belajar Perancis, perhatikan tips-tips singkat berikut ini supaya lebih efektif.

1. Kuasai Terlebih Dahulu Pelafalan

Kata-kata dalam bahasa Prancis memang memiliki pelafalan yang cukup berbeda dari apa yang tertulis. Oleh karena itu, kita harus mengetahui dengan betul bagaimana huruf-huruf dalam bahasa Prancis tersebut diucapkan.

Perhatikan catatan singkat mengenai pengucapan huruf dalam bahasa Prancis sebagai awalan belajar bahasa Perancis untuk pemula, belajar Perancis, berikut ini:

1. A dilafalkan menjadi [a]
2. B dilafalkan menjadi [be]
3. C dilafalkan menjadi [se]
4. D dilafalkan menjadi [de]
5. E dilafalkan menjadi [e]

6. F dilafalkan menjadi [ef]
7. G dilafalkan menjadi [ze]
8. H dilafalkan menjadi [ash]
9. I dilafalkan menjadi [i]
10. J dilafalkan menjadi [zi]

11. K dilafalkan menjadi [ka]
12. L dilafalkan menjadi [el]
13. M dilafalkan menjadi [em]
14. N dilafalkan menjadi [en]
15. O dilafalkan menjadi [o]

16. P dilafalkan menjadi [pe]
17. Q dilafalkan menjadi [ku]
18. R dilafalkan menjadi [er]
19. S dilafalkan menjadi [es]
20. T dilafalkan menjadi [te]

21. U dilafalkan menjadi [u]
22. V dilafalkan menjadi [we]
23. W dilafalkan menjadi [dublewe]

24. X dilafalkan menjadi [iks]
25. Y dilafalkan menjadi [igrek]
26. Z dilafalkan menjadi [zed]

Baca Juga  Contoh Bahasa Perancis dan Artinya

2. Membiasakan Penggunaan Bahasa Prancis Sejak dalam Pikiran

Ketika belajar bahasa asing seperti bahasa Prancis, akan lebih baik apabila kita tidak melulu melakukan penerjemahan petanda ke penanda di dalam kepala. Artinya, lebih baik untuk segera menggunakan bahasa Prancis sejak kita berpikir atau merangkai maksud.

Ketika kita melihat sebuah benda dan memikirkan nama benda tersebut menggunakan bahasa Indonesia untuk kemudian menerjemahkannya dahulu ke dalam bahasa Prancis sebelum diucapkan, maka sudah pasti akan membutuhkan waktu beberapa detik.

Untuk Menghindari hal tersebut, biasakan untuk menamai benda yang kita lihat dengan bahasa Prancis langsung. Cara ini efektif untuk belajar bahasa Perancis untuk pemula, belajar Perancis, terutama kemampuan berbicara.

3. Mmperbanyak Bacaan Wacana Utuh Berbahasa Perancis

Ketika kita belajar bahasa Perancis untuk pemula, belajar Perancis, maka yang kita harus lakukan adalah memperbanyak bacaan dalam bahasa Prancis. Kita bisa membaca wacana utuh yang memiliki struktur lengkap, seperti berita di koran atau pun novel berbahasa Perancis.

Dengan rajin membaca wacana utuh, secara otomatis kita akan menemukan gramatikal atau penyusunan kata untuk membentuk kalimat dalam bahasa Prancis. Kita juga akan secara otomatis menemukan kosa kata baru untuk perbendaharaan kata.

Selain belajar (belajar bahasa Perancis untuk pemula, belajar Perancis) dengan cara membaca kita juga dapat mendengarkan native speaker menerapkan bahasa Prancis. Pemerolehan kata baru juga bisa kita lakukan dengan cara mendengarkan lagu, menonton video, atau mendengarkan siaran berita dalam bahasa Prancis.

4. Menggunakan Aplikasi Bahasa Prancis

Untuk mempermudah belajar (belajar bahasa Perancis untuk pemula, belajar Perancis) kita bisa memasang aplikasi di smartphone yang kini sudah bisa didapatkan secara gratis. Aplikasi yang dimaksud bisa berbagai jenis, mulai dari kamus, aplikasi belajar online, hingga permainan.

Baca Juga  Tempat Kursus Bahasa Perancis Ternama

Tujuan penggunaan (aplikasi belajar bahasa Perancis untuk pemula, belajar Perancis) adalah supaya kita semakin akrab dengan kata-kata dalam bahasa Prancis. Kita juga dapat memilih aplikasi yang yang memiliki fitur suara atau bahkan percakapan antara sesama pengguna.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam belajar bahasa Perancis untuk pemula, belajar Perancis dengan efektif. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai topik serupa di laman virtueducation.org