Belajar Bahasa Jerman Online – Belajar bahasa asing yang belum terlalu populer, seperti bahasa Jerman, tentu sebaiknya dilakukan dengan mengikuti bimbingan belajar yang sudah banyak di kota-kota besar. Tetapi, tidak sedikit juga yang hanya belajar mandiri.

Selain dengan mengikuti kursus bahasa, kita juga dapat belajar bahasa Jerman online secara gratis di rumah. Berikut ini adalah beberapa situs web dan chanel sebagai sarana untuk belajar bahasa Jerman online di rumah.

1. The Mixxer, yaitu sebuah situs pendidikan gratis untuk belajar bahasa tertentu melalui aplikasi Skype. The Mixxer dirancang untuk menghubungkan antar pelaku bahasa di seluruh dunia sehingga semua orang yang terhubung bisa bertindak sebagai siswa atau pun guru.

2. Deutche Welle, yaitu situs yang menawarkan kursus online bahasa Jerman gratis untuk pemula, pelajar menengah, hingga pelajar mahir. Meskipun gratis, situs ini menyediakan banyak sumber belajar seperti video, audio, podcast, hingga materi tertulis yang bisa dicetak.

3. Deutch Lernen, yaitu situs penyedia kursus online gratis bahasa Jerman. Situs belajar bahasa Jerman online ini memberikan sebanyak 10 pelajaran untuk pemula dan 24 pelajaran tata bahasa untuk peserta yang sudah expert.

Bahan pelajaran yang diberikan dalam situs belajar bahasa Jerman online ini akan disertai dengan latihan dan dua tes bahasa Jerman yang bisa dikerjakan secara online.

4. Italki, yaitu komunitas belajar bahasa asing di mana terdapat native speaker yang bersedia membantu dalam belajar bahasa asing. Member di dalamnya diperkirakan telah berasal dari lebih dari 200 negara dan diidentifikasi menggunakan lebih dari 100 bahasa.

5. GermanPod101, yaitu sebuah chanel videocast/podcast di Youtube pembelajaran bahasa dan budaya Jerman. Setiap tuntunan belajar yang berdurasi sekitar 3 menit di dalamnya diperuntukan bagi pemula.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Jerman

6. Internet Polyglot, yaitu situs yang memberikan pelajaran bahasa Jerman online gratis dan lebih dari 30 bahasa asing lainnya di dunia. Situs ini cukup eksklusif walaupun kebanyakan pelajaran dapat diakses secara publik.

 

7. elanguages School, yaitu situs belajar bahasa Jerman online gratis yang memiliki materi rangkuman dari berbagai sumber. Kita akan mendapatkan bahan belajar yang cukup lengkap di sini.

8. LiveMocha, yaitu situs salah satu situs populer yang menawarkan kursus bahasa Jerman secara gratis. Situs belajar bahasa Jerman online ini juga memiliki fasilitas tambahan berbayar dalam 35 bahasa asing populer.

9. Babbel, yaitu situs dan bagian dari aplikasi yang menawarkan kursus online interaktif. Babbel menawarkan pembelajaran yang mengefektifkan hafalan kosakata, meningkatkan tata bahasa, dan pengucapan.

10. BBC Languages, yaitu situs yang menyediakan kursus audio dan video untuk bahasa beberapa bahasa asing, termasuk bahasa Jerman. kemudahan yang bisa kita dapatkan dari situs ini adalah pembelajaran praktis untuk traveling.

Selain video, situs ini juga menyediakan versi audio sehingga belajar bisa dilakukan sambil menjalankan aktifitas lainnya.

11. Busuu, yaitu situs yang merupakan bagian dari aplikasi yang menawarkan komunitas belajar bahasa secara interaktif. Pengguna dapat berkomunikasi dengan native speaker secara langsung untuk berlatih keterampilan bahasa.

12. Palabea, yaitu sebuah situs jejaring sosial untuk berlatih, belajar, mengajar, serta berkomunikasi dalam bahasa asing. Situs ini akan menghubungkan banyak orang di seluruh dunia untuk berbagi minat yang sama dalam belajar bahasa.

Itulah tadi beberapa sarana yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Jerman online secara gratis di rumah. Untuk mendapat fitur yang lebih baik, beberapa situs tersebut menyediakan fasilitas berbayar.

Baca Juga  Rekomendasi Kursus Bahasa Jerman di Bandung