Beasiswa S1 Jerman Full – Bagi kita yang ingin menempuh pendidikan di Jerman, tentu tidak salah apabila berusaha mencari beasiswa untuk jaminan kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut karena Jerman menggunakan mata uang Euro yang kurs-nya cukup tinggi terhadap rupiah.

Namun, setelah mencari-cari beasiswa S1 Jerman full, beasiswa S1 Jerman, informasi tidak kunjung didapatkan. Kenapa?

Fakta Beasiswa S1 ke Jerman

Informasi mengenai beasiswa S1 Jerman full, beasiswa S1 Jerman, sulit didapatkan karena memang di Jerman tidak diterapkan pemungutan biaya bagi mahasiswa S1. Intinya, apabila kuliah di sana gratis, untuk apa ada beasiswa?

Masalahnya adalah tidak sesederhana itu bagi mahasiswa yang berasal dari Indonesia, karena pembiayaan paling banyak justru terletak pada kebutuhan sehari-hari, seperti makan dan tempat tidur. Selain itu, ada juga beberapa pemungutan biaya yang sebenarnya terbilang murah dalam mata uang Euro namun menjadi sangat mahal dalam mata rupiah.

Berbagai Pungutan Biaya

Untuk pergi ke Jerman sebagai pelajar saja, kita harus memiliki aset di dalam buku tabungan kita sebesar 8000 euro. Uang itu tidak akan hangus dan juga boleh digunakan untuk keperluan sehari-hari, walaupun harus kembali ke angka semula pada masa perpanjangan Visa.

Seorang mahasiswa di Jerman juga harus membayar tagihan semacam “student card”. Kartu tersebut akan berguna bagi kita untuk menggunakan transportasi umum atau fasilitas umum lainnya dengan kuota tertentu. Jumlahnya akan berbeda-beda, bergantung kelengkapan fasilitas umum yang ada di sekitar kampus. Jika dirata-rata, sekitar 300 euro per bulan.

Selain kartu fasilitas umum mahasiswa, asuransi kesehatan juga menjadi biaya yang pasti harus dikeluarkan oleh mahasiswa. Digunakan ataupun tidak digunakan, asuransi kesehatan tetap akan dibayar dan hangus nominalnya. Kita tidak dapat menekan biaya untuk ini, karena kepemilikan asuransi kesehatan penting sebagai pengajuan visa dan pendaftaran universitas.

Baca Juga  Beasiswa ke Jerman bagi Mahasiswa Indonesia

Kita masih belum membicarakan mengenai akomodasi, seperti tempat tinggal, kebutuhan internet, kebutuhan listrik, makan sehari-hari, biaya mengikuti komunitas, dan yang lainnya.

Mencari Pembiayaan

Pada dasarnya mencari beasiswa S1 Jerman full, beasiswa S1 Jerman, akan sangat sulit karena sedikitnya jumlah penyedia atau bahkan tidak ada. Cara yang bisa kita pakai untuk membiayai kehidupan sehari-hari selama kuliah adalah dengan kerja sambilan atau menawarkan proyek penelitian.

Apabila kita memiliki proyek penelitian, maka kita dapat mengajukan ke sebuah perusahaan atau lembaga penelitian. Peneliti dengan alasan untuk memperdalam penelitian tersebut, kita dapat tawar-menawar untuk pembiayaan kuliah.

Kita juga dapat mencari informasi tentang universitas mana saja yang membuka atau memberikan bantuan biaya kepada mahasiswa internasional. Walaupun begitu, umumnya universitas akan mencari mahasiswa yang menarik minat dan memiliki bakat pada dunia penelitian.

Beasiswa S2 ke Jerman Full

Apabila ada informasi mengenai beasiswa full ke Jerman, maka beasiswa tersebut biasanya hanya ditujukan untuk mahasiswa yang akan mengambil gelar master atau doktoral. Beasiswa yang sering muncul adalah LPDP dan DAAD.

Hingga saat ini, jerman memang hanya menggratiskan biaya kuliah untuk jenjang baklor dan tidak termasuk magister ataupun doktoral. Oleh sebab itu, biasiswa yang muncul pun tidak ada yang menyediakan untuk program jurusan sarjana.

Itulah tadi Uraian singkat mengenai fakta beasiswa S1 Jerman full, beasiswa S1 Jerman, yang sebenarnya. Sahabat, apabila kamu memang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Jerman, maka sebaiknya persiapkan semuanya sejak awal sehingga tidak perlu kerepotan ketika hari sudah dekat.