Ausbildung Perhotelan – Pengalaman menjelajahi dunia akan memberikan cerita unik bagi siapapun. Tapi biaya besar ke luar negeri membuat tidak semua orang pernah menjalaninya.

Padahal kalau tahu caranya, ternyata ada lho kesempatan tinggal sekaligus bekerja di Eropa. Namanya saja bekerja, berarti kamu akan mendapat gaji tiap bulan.

Sayangnya belum banyak yang tahu dengan Ausbildung ke Jerman. Ikut program ausbildung membuat kamu bergaji Euro sekaligus merasakan langsung kehidupan di Jerman.

Lalu seperti apa program ausbildung perhotelan itu?

Ausbildung merupakan program pemerintah Jerman yang bertujuan melatih pemuda Jerman dengan skill praktis yang membuat mereka siap dengan dunia kerja atau untuk berwiraswasta.

Karena tidak semua siswa Jerman ingin lanjut sampai universitas. Justru banyak alumni sekolah menengah yang ingin mendapatkan uang sesegera mungkin tanpa harus berlama-lama di bangku kuliah.

Dan biasanya keluarga di Jermanpun sangat support kalau ada anggota keluarganya ikut ausbildung. Mereka tidak akan mempersoalkan sang anak yang tidak memiliki gelar Sarjana. Justru ausbildung membuat orang tua tidak terbebani lagi dengan biaya hidup anaknya.

Nah berita baiknya, pemerintah Jerman juga membuka program ausbildung atau magang kepada para pemuda dari luar negeri, termasuk Indonesia.

Baca Juga  Pahami Ausbildung di Jerman dan Pendaftarannya

Dengan program ausbildung 3 tahun, siswa akan mendapat pelatihan ala Jerman yang menggabungkan teori di kelas atau theorieblock dan praktek di lapangan atau praxisblock.

Di theorieblock, kamu akan belajar di kelas atau kampus serta mendapat berbagai pengetahuan yang akan dipraktekkan saat bekerja.

Sedangkan praxisblock menjadi kesempatan untuk bekerja di bidang sesuai jurusan yang diambil. Karena ausbildung sama dengan program magang, jangan malu bertanya pada karyawan lebih senior atau atasan.

Sedangkan lama durasi antara theorieblock dan praxisblock tergantung kebijakan perusahaan. Umumnya sesi praktek lebih banyak dibanding teori.

Atau setidaknya memiliki porsi sama. Misalnya dalam sebulan, siswa mendapat pendidikan di kelas 2 minggu dan praktek kerja 2 minggu.

Cara pendidikan ala ausbildung Jerman telah terbukti menghasilkan profesional handal. Karena siswa akan dibekali pengetahuan mendalam serta sangat terlatih menghadapi masalah di lapangan.

Dan progam ausbildung Jerman makin digemari karena siswa juga mendapat gaji bulanan dalam Euro. Dan gaji ausbildung terus meningkat seiring berjalannya waktu.

ausbildung perhotelan

Ausbildung bidang perhotelan

Sebenarnya ada sangat banyak bidang kerja ausbildung. Kalau kita cek di www.azubiyo.de/berufe/a-z/, maka ada ratusan bidang pekerjaan yang membuka ausbildung.

Dan meskipun kita bisa mendaftar di berbagai pekerjaan, kenyataan berkata lain. Hampir mustahil bagi azubi (sebutan peserta ausbildung) dari luar Jerman untuk bekerja kantoran.

Biasanya perusahaan akan mengambil siswa Jerman asli. Bukan karena rasisme atau pilih kasih, mungkin saja kerja kantoran memerlukan skill bahasa Jerman sangat lancar.

Karena itu jangan heran kalau sebagian besar azubi dari Indonesia memilih ausbildung perhotelan di Jerman. Jerman sangat mengandalkan pariwisatanya. Sehingga bidang perhotelan akan selalu memerlukan banyak tenaga muda.

Untungnya lagi, program ausbildung perhotelan tidak membutuhkan persyaratan sangat ketat. Apapun background pendidikannya, kalian bisa ikut program ini.

Hotel di Jerman memiliki standar sendiri dalam mendidik karyawan. Sehingga mereka lebih senang mendidik dari nol tapi memiliki attitude baik. Misalnya saja mampu bekerja sama, berkemauan keras untuk maju, semangat tinggi, mental baja, dan ramah.

Baca Juga  Langkah Tepat Cara Belajar Bahasa Jerman

Macam-macam pekerjaan ausbildung bidang perhotelan

Untuk jurusan ausbildung yang berhubungan dengan perhotelan sendiri sebenarnya menawarkan beberapa jenis pekerjaan, diantaranya:

• Hotelfachmann

Jenis pekerjaan ini termasuk yang paling banyak ditawarkan ke azubi asal Indonesia. azubi akan diajarkan mulai yang paling dasar seperti resepsionis, melayani tamu, mengatur kamar, dan pelayanan di restoran.

Berikutnya kamu akan belajar mengenai bagaimana membuat planning pekerjaan di hotel, mengatur kamar, dan pengelolaan tamu.

Bekerja sebagai Hotelfachmann membuatmu harus berhubungan dengan semua bagian hotel. Termasuk juga bagaimana mengatur keuangan, gudang, sampai pada urusan pemasaran.

Pelajaran dan tugas yang diberikan jelas bermanfaat bagi karirmu di masa depan. Karena kamu tahu pekerjaan di hotel dari A sampai Z.

ausbildung perhotelan

• Hotelkaufmann

Sama-sama bekerja di hotel, tapi tugas Hotelkaufmann cenderung di level staff. Azubi akan ditempatkan di bagian keuangan, penjualan, pembelian, maupun HRD.

Mereka juga akan belajar mengkoordinasi berbagai divisi yang ada di hotel tersebut serta cara menjalankan usaha perhotelan. Dengan menyelami langsung pekerjaan perhotelan, para azubi diharapkan mampu menjadi pemimpin handal di masa depan.

• Restaurantfachmann

Nah kalau yang satu ini tidak selalu bekerja di hotel, tapi hampir semua hotel ada restorannya. Restaurantfachmann sendiri artinya spesialis restoran. Jadi selama 3 tahun kamu akan belajar segala sesuatu mengenai pekerjaan di restoran.

Untungnya kamu akan mendapat pengetahuan sangat lengkap. Mulai dari pengaturan meja kursi, menyambut tamu, menawarkan makanan minuman, menerima pesanan, hingga bagaimana membuat menu yang menarik.

Tidak itu saja, kamu juga akan dilatih bagaimana menangani event khusus yang mungkin diadakan di hotel. Seperti seminar, rapat, pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Nah begitu selesai program ausbildung selama 3 tahun, biasanya pihak hotel akan menawarkan untuk tetap bekerja di sana.

Posisi tawar azubi sangat tinggi kok, karena Jerman memang kekurangan pekerja bidang perhotelan. Tapi kalau ternyata kamu mendapat tawaran yang lebih baik, tidak masalah kalau pindah ke hotel lain atau mungkin pulang ke tanah air.

Dan jangan khawatir sulit mencari kerja di Indonesia. Sertifikat ausbildung perhotelan yang didapatkan sangat bermanfaat untuk melanjutkan karir, dimanapun kamu berada.

Baca Juga  Ingin Hidup di Jerman? Ini Dia Syarat Tinggal di Jerman

Siapa saja yang bisa ikut ausbildung bidang perhotelan?

Ausbildung di bidang perhotelan sebenarnya bisa diikuti siapa saja dengan usia 18 sampai 35 tahun. Kamu juga tidak harus memiliki pengalaman di bidang yang sama.

Tapi karena ausbildung merupakan program pelatihan (bukan bekerja), biasanya perusahaan lebih suka usia antara 18 hingga 25 tahun.

Usia di bawah 25, terlebih baru lulus SMA menjadi usia terbaik mendaftar ausbildung. Karena pikiran mereka masih haus akan ilmu dan belum terlalu berorientasi pada materi. Sehingga lebih mudah untuk dibentuk menjadi profesional di bidang perhotelan.

Selain usia, berikut ini beberapa persyaratan lain ikut ausbildung Jerman bidang perhotelan:

• Anschreiben

Anschreiben bisa diartikan surat pendaftaran. Biasanya kamu anschreiben ada di bagian paling depan dari dokumen aplikasi.

Di satu lembar kertas A4 ini kamu bisa memperkenalkan diri kamu secara singkat. Ceritakan juga motivasi yang membuat kamu ingin bergabung dengan program ausbildung perhotelan.

Sebagai tambahan, sertakan juga pengalaman aktivitas yang masih berhubungan dengan jenis pekerjaan yang kamu apply, meskipun kamu belum pernah bekerja di bidang tersebut.

Dan yang tidak kalah penting, kamu bisa jelaskan level skill bahasa Jerman atau sertifikat bahasa Jerman yang dimiliki. Jangan lupa juga untuk mencantumkan nomor telepon atau alamat email aktif yang bisa dihubungi.

 Sertifikat bahasa Jerman minimal B1

Azubi datang ke Jerman untuk bekerja dan menetap selama 3 tahun. Selama itu pula kamu akan berinteraksi dengan orang Jerman.

Sehingga wajar kalau perusahaan mensyaratkan peserta ausbildung memiliki skill bahasa Jerman level menengah, yang dibuktikan dengan sertifikat B1.

Bekerja di hotel mengharuskan kita banyak berkomunikasi, sehingga kemampuan bahasa Jerman menjadi kunci sukses azubi.

 Fotocopy ijazah

Hotel di Jerman biasanya tidak mensyaratkan azubi harus dari SMK perhotelan. SMA atau SMK jurusan apa saja bisa mendaftar kok.

Yang paling penting, fotocopy ijazah terakhirmu dan transkrip bilah sudah dilegalisir serta diterjemahkan ke bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah. Kalau ada, sertakan juga sertifikat prestasi sekolah yang juga diterjemahkan ke bahasa Jerman.

 Curriculum vitae

Curriculum vitae atau Lebenslauf haruslah dalam bahasa Jerman. Contohnya bisa dilihat di lebenslauf.com. Lebenslauf diperlukan agar pihak hotel tahu siapa kamu sebenarnya.

Jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kerja kamu, pendidikan, prestasi, serta pengalaman organisasi yang relevan dengan ausbildung perhotelan. Misalnya pernah menjadi panitia di event tertentu, juara pidato, olahraga, dll. Cukup diisi poin-poin yang menjadi keunggulanmu saja.

Perusahaan pasti tidak ingin membeli kucing dalam karung. Karena itu empat dokumen di atas harus dipenuhi sebelum masuk sesi wawancara. Nah agar mempu menarik minat pihak hotel di Jerman, tentunya kamu harus mempersiapkan dokumen di atas sebaik mungkin sebelum melamar ausbildung perhotelan.

Bahasa Jerman

ausbildung perhotelan

Menjadi azubi di Jerman memang menyenangkan. Siapa yang tidak tergiur dengan kehidupan di negara maju seperti Jerman?

Di waktu libur kamu juga bisa jalan-jalan ke negara Eropa lainnya. Belum lagi pengalaman berharga bekerja dengan orang Jerman. Siapapun tidak akan melewatkan kesempatan emas ini.

Tapi bekerja di Jerman terkadang tidak seindah angan-angan. Bagaimanapun juga Jerman merupakan negara asing yang ada nun jauh di sana.

Dan kamu akan tinggal di negara yang jaraknya ribuan kilometer selama 3 tahun. Biasanya penyakit orang Indonesia adalah homesick, terlebih di awal-awal.

Belum lagi kamu akan berhadapan dengan budaya, adat, dan kebiasaan yang jauh berbeda dibanding Indonesia. Apakah kamu siap dengan budaya kerja dan pergaulan ala Jerman?

Saat belajar di dalam kelas, sebagian besar teman kalian adalah pemuda Jerman yang sudah sangat lancar berbahasa Jerman. Pelajaran juga disampaikan dalam bahasa Jerman. Sudah siapkah kamu berkompetisi dengan mereka?

Atau apakah kamu siap berbicara dengan teman kerja, bos, dan penduduk lokal yang berbicara sangat cepat? Dengan kemampuan bahasa Jerman sangat minim, tidak mudah menjalani kehidupan sebagai azubi.

Kamu pasti tidak ingin tertinggal pelajaran, tidak mampu memahami perintah atasan, atau tidak bisa bekerja hanya karena kesulitan bahasa.

Nah agar bisa menjalani ausbildung dengan lancar, kemampuan bahasa Jerman menjadi modal utama. Sekedar bisa berbahasa Jerman saja tidak cukup, tapi harus dibuktikan dengan level bahasa Jerman B1.

Bahasa Jerman B1 ada di level menengah. Pada level ini diharapkan non native bisa berbicara dengan lebih detail serta tidak mengalami masalah bahasa saat bekerja di Jerman.

Walau begitu, sangat disarankan untuk memiliki sertifikat bahasa Jerman B2. Kalau kemampuanmu di bawah B1 atau B2, jangan coba-coba mendaftar ausbildung.

Bahkan terkadang yang level B1 saja masih kesulitan memahami perkataan orang Jerman yang serba cepat. Apalagi di bawahnya.

Jadi selain menyiapkan berbagai dokumen di atas, siapkan juga bahasa Jerman. Karena justru ini yang paling penting.

Karena itu, bagi siapa saja yang berencana ikut ausbildung ke Jerman, Bahasa Jerman harus menjadi prioritas utama untuk segera dikuasai.

Dan saat ini tidak terlalu sulit menemukan tempat belajar bahasa Jerman. Hampir di semua kota besar ada saja lembaga pelatihan yang menyediakan kursus bahasa Jerman.

Baca Juga  Besaran Gaji Kerja di Jerman dibandingkan dengan di Indonesia

Cara mendaftar ausbildung perhotelan

Bagi kamu yang tertarik dengan ausbildung Jerman bidang perhotelan, cara termudah dengan mendaftar dan apply melalui website.

Dan jangan ragu untuk mencoba apply ausbildung perhotelan. Asal memiliki skill bahasa Jerman meyakinkan, pihak hotel di Jerman akan senang hari mengundangmu interview.

Kalau ternyata kamu memiliki kometensi yang dibutuhkan, mereka akan menawarimu kontrak ausbildung. Saat negosiasi kontrak itulah kamu bisa menanyakan detail gaji, fasilitas, tiket pesawat, dll.

Karena semuanya sudah harus jelas di awal. Jangan sampai kamu merasa dirugikan hanya karena ketidakjelasan kontrak kerja.

Nah gimana? Kamu tertarik daftar ausbildung? Sebenarnya tidak sulit kok ikut ausbildung Jerman. Kalau kamu menguasai bahasa Jerman level B1, berarti semakin besar peluangmu ikut ausbildung perhotelan di Jerman.