Aupair Medan – Aupair adalah salah satu program yang ditawarkan pemerintah federal jerman kepada masyarakat internasional yang ingin meningkatkan softskill bahasa jerman dengan tinggal bersama keluarga jerman dalam waktu setahun hingga dua tahun lamanya.

Aupair sendiri merupakan program kebudayaan, atau biasa disebut dengan cultural exchange, cuman perbedaan utamanya adalah aupair sering disebut dengan homestay yang menempatkan seseorang di keluarga jerman dengan segala hak dan kewajibannya.

Homestay dengan kewajiban dan hak ini meliputi seorang peserta aupair akan bekerja di sebuah keluarga jerman layaknya homestay biasanya yaitu membantu mengasuh anak, membantu merawat orang tua, membersihkan rumah dan pekerjaan-pekerjaan domestik lainnya.

Pekerjaan aupair ini sendiri bukanlah pekerjaan murni, jadi hanya part time sehingga jam kerja anda tidak bisa melebihi jam kerja tenaga kerja umum sampai 7 jam lamanya. Walauapun bekerja di bawah 7 jam, anda akan mendapat upah sesuai dengan kesepakatan antara keluarga homestay dengan anda sendiri.

Program aupair ini sendiri dapat dilamar oleh masyarakat Indonesia melalui aupair jakarta, aupair medan ataupun aupair surabaya. Anda yang tinggal di kota-kota besar bisa mendaftar program aupair melalui agensi, atau biasanya melalui konsultan pendidikan yang sudah berpengalaman mendampingi mahasiswa indonesia untuk kuliah dan magang di jerman.

Apa perbedaan antara Aupair dengan Ausbildung?

aupair medan

Jika anda ingin mendaftar aupair medan, maka anda perlu tahu perbedaan utama apa itu aupair dengan ausbildung agar tidak salah pilih. Kedua program ini yaitu aupair dan ausbildung adalah sama-sama program kebudayaan dan kerja yang ditawarkan pemerintah jerman untuk masyarakat internasional (termasuk Indonesia) dengan skema yang berbeda.

Skema aupair lebih mendekati program budaya, karena peserta akan tinggal bersama dengan homestay di jerman, melakukan pekerjaan domestik dan akan lebih sering berinteraksi dengan keluarga jerman menggunakan bahasa jerman.

Sementara ausbildung sendiri lebih cenderung seperti magang kerja, walaupun juga sama sama akan melatih softskill bahasa jerman. Hanya saja peserta ausbildung akan ditempatkan di pabrik, industri atau jasa jasa pelayanan sosial yang sesuai dengan penempatannya.

Dua skema berbeda ini karena output yang ditawarkan juga berbeda, jika anda mendaftar aupair medan, maka sudah bisa dipastikan anda hanya mendaftar program budaya untuk membuat mahir kemampuan bahasa jerman anda.

Sementara jika mendaftar program ausbildung, bisa dipastikan akan magang kerja dan mempunyai kemungkinan besar akan berkarir di dunia pekerjaan di jerman. Peserta ausbildung yang lolos dan sudah menyelesaikan program magang kerja akan mendapat sertifikat atau surat keterangan telah selesai program ausbildung.

Nah, kabar baiknya adalah sertifikat ini bisa digunakan untuk melamar kerja di perusahaan-perusahaan jerman dari berbagai negara bagian yang ada di seluruh jerman.

Baca Juga  Bahasa Jerman Selamat Pagi Malam dan Sore

Apa perbedaan Aupair Medan dengan FSJ?

Mendaftar aupair medan juga harus bisa membedakan apa itu aupair denga fsj. Sama seperti halnya dengan perbedaan aupair degan ausbildung yang lebih kepada skema program, maka aupair dengan fsj cuma berbeda skema programnya.

Aupair cenderung menjadi program budaya seperti homestay, sementara fsj adalah program budaya yang lebih ke arah kemanusiaan. Karena fsj akan membuat anda menjadi relawan sosial kemanusiaan dalam program-program yang berhubungan dengan pengembangan komunitas.

Kedua program ini baik aupair maupun fsj sebenarnya sama sama program kebudayaan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa jerman peserta dengan harapannya bisa kembali ke jerman untuk bekerja atau berkuliah di jenjang yang lebih tinggi.

Proses pelamaran antara aupair medan dengan fsj juga tentu saja berbeda. Jika anda ingin melamar program aupair, maka komunikasi akan langsung dengan calon keluarga homestay anda. Sementara untuk fsj akan berkomunikasi dengan organisasi sosial budaya yang menangani pengembangan-pengembangan komunitas.

Lebih enak mana mendaftar aupair atau fsj? Itu semua tergantung dengan tujuan anda. Jika anda ingin lebih dekat dengan keluarga jerman, maka memilih progra aupair medan adalah salah satu solusi paling tepat.

Tetapi jika anda hanya ingin meningkatkan softskill berbahasa jerman dengan berbaur dalam banyak komunitas dan program program sosial, maka fsj adalah program yang direkomendasikan.

Syarat-Syarat Pendaftaran Aupair?

Mendaftar aupair medan sama halnya mendaftar ausbildung dan fsj, membutuhkan persiapan beberapa bulan sebelumnya atau minimal setahun sebelumnya. Persiapan ini lebih kepada syarat utama berbahasa jerman yang biasanya menjadi syarat wajib.

Sederhananya begini, program aupair adalah program untuk meningkatkan kemampuan berbahasa jerman seorang peserta aupair, maka ketika anda melamar, akan diminta syarat sertifkat kemampuan bahasa jerman pada tingkatan menengah, biasanya sertifikat B1 atau B2 sudah cukup sebagai keterangan.

Nah, persoalannya adalah tidak semua orang bisa langsung mendapat sertifikat setara B1 atau B2 dalam hitungan yang cepat. Itulah mengapa disarankan jika anda berminat mendaftar dan mengikuti seleksi aupair medan. Rencana ini bisa dipersiapkan setahun sebelumnya.

Dengan mempersiapkan enam bulan atau setahun sebelumnya, anda bisa memperoleh sertifikat bahasa jerman sesuai dengan yang disyaratkan. Waktu setahun adalah waktu yang normal bagi banyak orang untuk mengejar target berbahasa jerman sesuai dengan standar aupair.

Syarat selanjutnya biasanya syarat administratif seperti status pendidikan terakhir, mereka yang lulusan SMA ataupun diploma dans sarjana bisa mendaftar program aupair medan ini tanpa terkecuali. Aupair bukanlah seleksi beasiswa untuk kuliah melainkan program kebudayaan yang bisa diakses oleh siapapun.

aupair medan

Kabar baiknya adalah mendaftar aupair medan sekarang bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama mendaftar aupair medan melalui jalur agensi. Cara ini yaitu mendaftar melalui konsultan pendidikan yang berpengalaman dalam mendampingi masyakarat Indonesia yang ingin aupair ke jerman.

Mendaftar aupair medan melalui agensi biasanya karena agensi sudah berpengalaman, anda tinggal menyerahkan berkas berkas yang dibutuhkan, maka agensi atau konsultan pendidikan yang mendampingi anda akan mengurusi prosesnya dari awal sampai akhir.

Biasanya proses ini berjalan dari penyiapan berkas, pembuatan passpor, asuransi, proses pendaftaran untuk memilih keluarga homestay, proses komunikasi, seleksi wawancara dengan keluarga homestay kemudian kesepakatan soal keuangan.

Agensi akan mengurus semuanya proses pendaftaran aupair medan anda, sementara anda hanya datang saat proses wawancara saja untuk menemukan kecocokan dan beberapa kesepakatan dengan host homestay anda.

Namun, jika anda tertantang untuk mencoba mendaftar aupair medan sendiri bisa juga. Proses pendaftaran program aupair medan secara mandiri ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya menyiapkan berkas yang sama dan mendaftar sesuai prosedur yang telah ditentukan.

Berikut perbedaan langkah-langkah mendaftar program aupair medan melalui jalur agensi dan juga jalur mandiri. Perhatikan beberapa perbedaan utamanya. Kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh agensi biasanya karena mereka telah berpengalaman dalam membantu proses pendaftaran aupair.

Hal lain yang perlu dipikirkan adalah ketika anda mendaftar aupair medan melalui jalur agensi atau konsultan pendidikan, maka anda harus merogok kocek untuk membayar beberapa biaya jasa yang telah ditetapkan, tetapi keuntungannya adalah anda bisa menghemat waktu dan tidak melalui keruwetan dalam mendaftar.

Baca Juga  Tempat Les Bahasa Jerman di Jakarta

Langkah-Langkah Mengurus Aupair Jalur Agensi

Mendaftar program aupair medan jalur agensi akan memberikan anda keuntungan dari segi waktu, biaya dan juga prosesnya yang lebih efektif. Biasanya karena hanya menyiapkan berkas, kemudian mengikuit prosesnya dan akan mendapatkan pemberitahuan apakah diterima dalam program aupair medan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mencari agensi atau konsultan pendidikan yang biasa dan berpengalaman dalam menangani pendaftaran program aupair. Anda juga bisa menanyakan pada agensi agensi yang melayani pendaftaran ausbildung, fsj atau studi ke jerman.

2. Menyiapkan berkas yang dibutuhkan seperti passpot, pembuatan asuransi internasional, ijazah dan transkrip serta beberapa surat keterangan sehat (jika diperlukan)

3. Menyiapkan sertifikat kemampuan berbahasa jerman minimal B1 atau B2 sebagai syarat utama mengikuti program aupair.

4. Menyerahkan berkas ke agensi yang telah anda tunjuk dan tunggu proses selanjutnya. Biasanya nantinya anda akan diundang untuk proses wawancara dengan pihak host homestay dari jerman dan penentuan final kontrak yang disepakati.

Langkah-Langkah Mengurus Aupair Jalur Mandiri

aupair medan

Sementara jika anda ingin mendaftar program aupair medan melalui jalur mandiri alias mendaftar sendiri. Maka proses persiapannya bisa jadi lebih panjang, mengingat anda mendaftar sendiri tanpa melalui agensi yang sudah berpengalaman.
Langkah langkah pertama yang perlu disiapkan ketika mendaftar program aupair mandiri adalah dengan mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, misalnya adalah ijazah, sertifikat bahasa jerman dan dokumen-dokumen pendukung. Lalu ikuti beberapa langkah-langkah utama berikut ini:

1. Mendaftar di website penyalur yaitu www.aupairworld.com. disana anda bisa membuat profil mengenai diri anda kemudian mengisi daftar negara tujuan. Pada proses pendaftaran ini perlu diperhatikan beberapa hal: isilah profil semenarik mungkin, foto bersama dengan anak kecil akan meningkatkan kapasitas anda untuk mengasuh anak kecil di keluarga host nantinya, kemudian jangan pernah mengirim pasport (foto passport) dan uang (karena ini tidak diperbolehkan, dan jangan pernah melakukannya).

2. Website penyalur ini adalah semacam koneksi kita dengan host homestay. Jadi anda harus aktif dalam membuka koneksi dengan keluarga host yang telah terdata di dalam database tersebut. Anda bisa mengirimi pesan sehari dua kali atau sepuluh kali kepada keluarga yang berbeda untuk menawarkan menjadi aupair di keluarganya. Tapi jangan terlalu banyak pesan, karena anda bisa dianggap scam oleh sistem.

3. Selanjutnya adalah proses wawancara. Jika pendaftaran aupair medan anda secara mandiri melalui website tadi diterima oleh seorang host homestay dari jerman, maka anda akan mendapat sesi waktu untuk wawancara. Biasanya bisa via skype atau aplikasi lain. Wawancara ini bersifat informal dan biasanya menggali softskill kita bisa apa saja dan unjuk kemampuan berbahasa jerman kita.

4. Selanjutnya jika host homestay setuju dengan proses pendaftaran aupair dan proses wawancara, selanjutnya akan berbicara masalah kontrak, asuransi dan biasanya ada kursus bahasa tambahan. Kontrak ini disepakati saat wawancara dan host homestay akan mengirimi anda kontrak ke Indonesia.

5. Biasanya kontrak berisi apa saja hak dan kewajiban anda sebagai aupair, termasuk pekerjaan pekerjaan domestik yang perlu dikerjakan, upah sesuai dengan aturan aupair dan tentunya adalah apakah anda dibayari tiket penerbangan atau tidak juga diatur dalam kontrak ini. Semakin detail kontraknya akan semakin baik.

6. Tips menurut beberapa peserta aupair, semestinya peserta aupair dalam kontrak tertulis tinggal serumah dengan host, tetapi jika ternyata host menyewakan anda apartemen atau diberikan rumah sendiri, maka sebaiknya tidak ditulis di kontrak karena pihak imigrasi akan menolak visa karena aturan aupair harus tinggal serumah. Jadi bisa dikomunikasikan dengan pihak host homsestay anda.

7. Selanjutnya adalah kursus bahasa di Indonesia, jika sertifikat bahasa jerman anda masih B1 atau B2, maka segeralah kursus untuk menaikkan menjadi A1. Awal awal mendaftar masih bisa menggunakan B1 sebagai persiapan saat proses wawancara, tapi nantinya ketika akan ke jerman lebih baik anda sudah mengantongi sertifikat bahasa A1.

8. Selanjutnya adalah asuransi perjalanan. Pihak host biasanya akan mengkomunikasiakn asuransi selama anda tinggal di jerman, tetapi anda juga perlu membeli asuransi selama proses perjalanan ke jerman nantinya.

9. Proses selanjutnya adalah pembuatan passort di imigrasi, pembuatan visa di kedubes jerman dengan dokumen kontrak dari host homestay anda di jerman.

10. Pada bagian akhir ini, jika visa sudah keluar dan disetujui, maka tinggal dikomunikasikan dengan host homestay anda di jerman dan anda tinggal memesa tiket pesawat untuk pergi ke jerman.

11. Beberapa tips lainnya adalah bawalah barang-barang beruaa jaket musim dingin karena jerman lebih banyak musim dingin ketimbang musim panas, dan jangan membawa barang barang yang mudah ditemukan di jerman. Misalnya membawa piring, gelas, beras atau bahan makanan yang sebenarnya bisa kita beli di Jerman. Selamat mencoba dan sukses selalu.