Apa kabar dalam bahasa jerman – Kalau kamu sedang mulai belajar bahasa Jerman, tidak mengapa berlatih berbicara sejak pertama kali belajar. Praktek berbicara akan meningkatkan semangat dan percaya diri dengan kemampuanmu.

Dan kalaupun pemahaman tata bahasa masih sangat minim, kamu tetap bisa kok mulai berlatih beberapa kokata sederhana. Salah satunya dengan tahu cata menanyakan kabar dan menjawabnya.

Sekedar mengucap apa kabar dalam bahasa Jerman mungkin sangat mudah. Tapi ternyata orang Jerman biasa mengungkapnnya dengan banyak cara.

Baca Juga  Daftar Jurusan Kuliah di Jerman

Orang Jerman sangat perhatian dengan siapa mereka berbicara. Walau termasuk negara barat yang bebas, ternyata Jerman masih menjunjung tinggi kesopanan berbicara.

Pemilihan kata saat berbicara dengan guru atau orang tua jelas beda dengan saat berbicara dengan teman main. Nah kalau kalian ingin tahu bagaimana menanyakan apa kabar dalam bahasa Jerman, ikuti terus artikel ini. Karena kami akan menjelaskannya, mulai dari ucapan terpopuler hingga yang paling sopan.

Pilihan apa kabar dalam bahasa jerman?

apa kabar dalam bahasa jerman

•Non formal

1.Wie geht’s?

Dengan siapa saja kamu berbicara, kamu harus segera memutuskan apakah akan menggunakan kalimat formal atau non formal.

Dan bahasa Jerman paling sederhana dari “apa kabar” adalah “Wie geht’s?”. Sebenarnya ini adalah kependekan dari “geht es”. Secara harfiah, “Wie geht’s?” bisa bermakna “Bagaimana kabarnya?”.

2.Wie geht es dir?

Kapan saja orang Jerman bertemu seseorang yang baru dikenal atau pernah ketemu sebelumnya atau datang ke sebuah ruangan dan bertemu orang-orang, mereka biasa berkata “Wie geht es dir?”.

Dan ini termasuk frase yang harus selalu diingat. Karena akan bermanfaat kalau suatu hari kamu datang ke Jerman. Selain cara paling sederhana menanyakan kabar, frase ini juga bersifat non formal.

Dilihat bentuknya, frase ini berbentuk tunggal. Sehingga bisa digunakan untuk menanyakan kabar pada satu orang.

3.Wie geht es euch?

Hampir sama dengan bentuk di atas, namun frase ini berbentuk jamak informal. Sangat cocok digunakan saat bertemu sekelompok orang.

•Formal

4.Wie geht es Ihnen?

Bentuk yang satu ini merupakan versi formal dari 3 bentuk di atas. Hampir sama dengan “Wie geht es dir?”, hanya saja “dir” yang artinya “kamu” diganti dengan “Ihnen”. Kalau diterjemahkan kata per kata, “Wie geht es Ihnen?” bisa berarti “bagaimana kabar anda?”

5.Wie geht es Ihnen heute?

Sangat mirip dengan contoh di atas kan? Satu-satunya perbedaan hanyalah penambahan “heute”. Hanya sedikit variasi untuk mengatakan “bagaimana kabar anda hari ini?”

Selain mengucapkan beberapa frase di atas, orang Jerman juga biasa melakukan beberapa gerakan tubuh. Yang paling umum adalah berjabat tangan.

Baca Juga  Daftar Tempat Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Lalu bagaimana cara menjawab ungkapan apa kabar dalam bahasa Jerman di atas?

Mengetahui cara menjawab sama dengan menanyakan apa kabar. Kalau di tempat kita, menanyakan kabar terkadang basa-basa dan tidak masalah kalau tidak dijawab.

Tapi di Jerman beda. Sudah menjadi kebiasaan orang Jerman untuk mengharapkan jawaban dari pertanyaan apa kabar.

Karena pertanyaan “Wie geht es Ihnen?” atau “Wie geht es dir?” tidak sama dengan sapaan “Hallo”. Tapi benar-benar menunjukkan niat tulus untuk menanyakan kabar.

Mereka akan mengernyitkan dahi kalau ada orang yang tidak menjawab. Nah berikut ini beberapa jawaban untuk pertanyaan apa kabar.

1.Danke, gut atau Gut, danke (terima kasih, saya baik-baik saja)

Ini adalah jawaban paling umum untuk pertanyaan apa kabar. Menjawab baik-baik saja membuat orang optimis bahwa kita tidak memiliki masalah yang sangat besar. Kalaupun ada masalah, masih terkontrol dengan baik. Perhatikan contoh percakapan singkat ini.

A: Hallo, Wie geht’s? (halo, apa kabar?)
B: Danke, gut. Und dir? (Terima kasih, baik-baik saja. Dan kamu?)
A: Sehr gut, danke (sangat baik, terima kasih)

2.Nicht schlecht (tidak buruk) atau Nicht so gut (tidak terlalu baik)

Ini merupakan ungkapan untuk mengekspresikan “tidak apa-apa” atau “saya baik-baik saja”, tapi juga mengindikasikan tidak terlalu optimis.

Orang Jerman biasa mengatakan “Mir geht es nicht schlecht” (saya tidak buruk) saat memiliki kekhawatiran yang tidak terlalu besar. Tapi juga tidak ingin diketahui orang lain.

3.Schlecht (buruk)

Kalau ada yang menanyakan kabar, dan kamu benar-benar sedang merasa tidak baik, kamu bisa menjawab “Schlecht” atau “Mir geht es schlecht” (saya sedang buruk).

Atau bisa juga dengan ungkapan “Mir geht es nicht gut” (saya sedang tidak baik). Ini biasa dikatakan kalau kamu baru saja melakukan kesalahan atau ada masalah belum terselesaikan, dan kamu ingin ada orang yang mendengar. Terutama pada teman dekat atau seseorang yang kamu percaya.

4.Ein bisschen müde (sedikit lelah)

Jawaban ini juga bisa digunakan kalau kamu benar-benar kurang tidur semalam atau memaksa diri melakukan pekerjaan berat. Maka kamu bisa berkata “Ich bin ein bisschen müde” (aku sedikit lelah).

Selain itu, kamu juga bisa menjawab apa kabar dengan beberapa jawaban ini

5.Sehr gut (sangat baik)
6.Ganz gut (benar-benar baik)
7.Wie immer (seperti biasa)
8.Alles in Ordnung (semua baik-baik saja)
9.Ganz gut (agak baik)
10.Und Ihnen? (dan anda?)
11.Und dir? (dan kamu?)
12.Und euch? (dan kalian?)

Nah sekarang kamu sudah tahu kan cara menanyakan apa kabar dan menjawab dalam bahasa Jerman. Apakah ucapan apa kabar tadi sudah cukup?

Ucapan sehari-hari melengkapi apa kabar dalam bahasa jerman

apa kabar dalam bahasa jerman

Ucapan tadi memang sudah cukup untuk memulai percakapan dengan orang Jerman. Mereka juga akan salut dengan orang asing, terlebih dari Asia, yang menyapanya dalam bahasa Jerman.

Tapi ada baiknya kalau kamu juga mengenal ungkapan sehari-hari. Contohnya di bawah ini

•Hallo (Halo), sapaan ramah yang bisa digunakan kapan saja
•Guten Morgen (Selamat pagi)
•Guten Tag (selamat siang) dari siang sampai jam 6 sore, tapi bisa juga berarti “Halo” versi formal
•Guten Abend (Selamat malam) digunakan di atas jam 6 sore
•Gute Nacht (selamat tidur)
•Vielen Dank (terima kasih banyak)
•Bitte atau Bitte Schöne (terima kasih kembali)
•Entschuldigung (permisi)
•Alles Gute! (selamat)
•Auf Wiedersehen! (sampai jumpa)
•Willkommen! (selamat datang)
•Tschüss (selamat tinggal)
•Viel glück (semoga sukses)
•Kein Problem (tidak masalah)

Oke, sekian dulu tulisan mengenai apa kabar dan jawaban dalam bahasa Jerman. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk segera mempraktekkannya. Kamu bisa berlatih dengan menyapa guru atau teman. Viel glück!