Apa Itu TOEFL– Walau untuk saat ini kata TOEFL sudah sering kita dengar tetapi ada baiknya anda tahun secara rinci apa itu TOEFL dan bagaimana cara dapatkan score tinggi saat tes TOEFL. Untuk lebih jelasnya, kita bahas satu per satu. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Apa Itu TOEFL?

TOEFL adalah salah satu test yang diselenggarakan oleh ETS (Education Testing Services) yang bertujuan sebagai salah satu syarat mendaftar di universitas.

Dan walaupun untuk saat ini tidak hanya untuk syarat untuk kuliah keluar negeri, namun pada awalnya tujuan utamanya adalah untuk test bahasa inggris sebagai bahasa asing untuk masuk ke dalam satu universitas. 

Walaupun test ini berasal dari Amerika, tetapi banyak negara didunia yang sudah mengadopsi test ini sebagai salah satu syarat untuk mendaftar ke universitas tertentu. 

TOEFL merupakan singkatan dari Test OF English As Foreign Language, yang terdiri dari beberapa test, yaitu reading, speaking, listening dan writing. 

TOEFL Terbagi Beberapa Jenis

TOEFL Terbagi Beberapa Jenis

Dan dengan berkembangnya teknologi, test TOEFL juga terbagi dari beberapa jenis:

– TOEFL Paper Based Test (TOEFL PBT)

Test paper based test adalah tes TOEFL yang masih menggunakan paper atau kertas. Jadi pengerjaan soal-soal tes maisoh menggunakan kertas ujian, dan TOEFL PBT ini merupakan sistem tes TOEFL yang pertama kali diterapkan. 

Untuk saat ini test ini masih diberlakukan dan dianggap sah, namun sudah sangat jarang ditemukan.

– TOEFL Computer Based Test (TOEFL CBT)

TOEFL computer based test adalah test TOEFL yang sudah menggunakn komputer, jadi soal sudah dalam file komputer dan menjawabnya juga langsung pada koputer tersebut. TOEFL CBT ini juga tetap masih ada dan dianggap sah walau memang sudah sangat jarang. 

– TOEFL Internet Based Test (TOEFL IBT)

TOEFL internet based test ini adalah tes TOEFL yang sudah berbasis internet dan merupakan tes yang paling banyak digunakan saat ini. 

Bagaimanakah Cara Mendapatkan Score TOEFL yang Tinggi?

Untuk mendapatkan score yang tinggi pada tes TOEFL tentunya dengan membuat persiapan jauh sebelum tes atau anda bisa memilih dari beberapa cara di bawah ini . 

– Privat/Kursus TOEFL

Mengikuti privat atau kursus khusus TOEFL adalah cara paling disarankan, karena dengan mengikuti kelas TOEFL, anda bisa belajar dengan baik, tentunya dengan tutor yang sudah lebih paham dengan test TOEFL. 

Dan untuk preparation TOEFL bukanlah satu hal yang sulit ditemukan karena sudah sangat banyak yang menyediakan jasa tersebut. Namun anda juga harus belajar sendiri dirumah untuk menyempurnakan apa yang sudah diajarkan oleh tutor anda. Semakin banyak latihan maka semakin tinggi kemungkinan anda mendapatkan score tinggi. 

Baca Juga  5 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat & Menyenangkan

– Belajar Otodidak

Cara ini mungkin bisa anda lakukan jika anda masih mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Dengan belajar otodidak denga fokus, anda juga bisa mendapatkan score tinggi. Apalagi saat ini anda sudah bisa mendownload sendiri aplikasi tes TOEFL di ponsel anda, dan anda bisa belajar dimanapun karena media belajar anda bisa anda bawa kemanapun. 

Sekian untuk artikel yang membahas tentang apa itu TOEFL dan bagaimana cara mendapatkan score tinggi pada test TOEFL. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.